Suzuki Karimun Wagon R AGS Lebih Nyaman dan Irit BBM

Mobil Baru

Suzuki Karimun Wagon R AGS Lebih Nyaman dan Irit BBM

JAKARTA - Suzuki Karimun Wagon R AGS siap menyerbu pasar mobil Indonesia. Model populer milik Suzuki itu kini dibekali transmisi baru Auto Gear Shift (AGS).

Bagaimana mobil ini sebenarnya? Mari kita bedah bersama.

Mengusung tagline yang diusung, ‘Auto Gear Shift: Bisa Matic, Bisa Manual’, Karimun Wagon R AGS memiliki teknologi Auto Gear Shift yang merupakan sistem transmisi gabungan antara transmisi manual dan otomatis.

Dengan aplikasi AGS di Karimun Wagon R ini, Suzuki berharap dapat meningkatkan kenyamanan dan kesenangan serta kemudahan dalam berkendara.

"Dan menjadikan kendaraan ini sebagai mobil SUPER (Spacious, Useful, Practical, Efficient, Reasonable) yang ‘Lebih dari Cukup’,  sesuai dengan tagline Karimun Wagon R," kata Makmur, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Teknologi Auto Gear Shift merupakan inovasi terbaru dari Suzuki Indonesia yang disematkan di Karimun Wagon R, dilengkapi dengan aktuator hidrolik elektronik yang mengoperasikan perpindahan gigi secara otomatis dengan transmisi manual 5-percepatan.

Donny Saputra, Head of 4W Product Development  SIS menambahkan kalau Auto Gear Shift (AGS) bekerja dengan mengintegrasikan aktuator hidrolik presisi yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) & Transmission Control Modul (TCM) untuk mengontrol kopling, persneling gigi, dan mesin.

"Transmisi ini mampu memberikan perpindahan gigi dalam waktu optimal untuk memberikan kenyamanan berkendara layaknya transmisi otomatis dan lebih hemat bahan bakar layaknya transmisi manual.”

Ini diklaim merupakan keuntungan ganda yang di berikan oleh transmisi ini karena AGS merupakan penggabungan keunggulan yang terdapat pada transmisi manual dan otomatis sehingga pengemudi dapat mengatur laju kecepatan kendaraan dengan menyesuaikan transmisi pada  kondisi jalan yang dilalui.

Transmisi Auto Gear Shift terdapat pada Karimun Wagon R dengan tipe GL, GX, Dilago, dan GS.

Dari segi performa, Karimun Wagon R AGS menggunakan mesin K10B berkapasitas 998 cc 3-silinder  DOHC 12-katup dengan tenaga maksimum 68PS/6,200rpm torsi maksimum 90 Nm/3,500rpm.

Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan sistem ”drive by wire” pada pedal gas untuk akselerasi lebih responsif namun tetap irit bahan bakar.

Suzuki Karimun Wagon R AGS tersedia dalam warna-warna menarik seperti pada tipe GL & GX memiliki 8 warna;  Splash Green, Lagoon Turquoise, Pearl White, Silky Silver, Graphite Grey, Cool Black, Radiant Red, dan Burgundy Red.

Untuk tipe Dilago tersedia dalam 2 warna;  Pearl White dan Silky Silver. Tipe GS tersedia dalam 6 warna; Pearl White, Silky Silver, Graphite Grey, Cool Black, Radiant Red, dan Burgundy Red.

Di sisi lain, Karimun Wagon R AGS juga dirancang dengan menggabungkan fitur keamanan dan keselamatan, sehingga penumpang akan merasa tenang ketika mengendarai mobil ini. Fitur keamanan pada mobil ini berupa Sistem Immobilizer yang menggunakan signal dari kunci elektronik sebelum mesin ECU (Engine Control Unit) bekerja serta Sistem Keyless Entry menjadi pelengkap dari fitur mobil ini.

Fitur-fitur keselamatan untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari bahaya kecelakaan yakni sabuk pengaman/seat belt 3-point ELR (Emergency Locking Retractor), yang secara otomatis mengunci dan menahan penumpang ketika terjadi hantaman/tabrakan secara tiba-tiba. Lalu, Karimun Wagon R AGS dilengkapi dengan child proof rear door locks pada pintu belakang mobil.  

Karimun Wagon R pertama kali diluncurkan pada bulan November 2013 dengan tipe GA, GL dan GX, menyusul di luncurkannya varian Dilago pada bulan Juni 2014 kemudian varian GS pada September 2014. Dengan diluncurkannya varian terbaru AGS dalam waktu dekat, Karimun Wagon R AGS jadi semakin lengkap. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual