Test Drive Daihatsu Copen, Wet Race di Fuji Speedway

Review

Test Drive Daihatsu Copen, Wet Race di Fuji Speedway

SHIZUOKA - Kemampuan Daihatsu Copen dimaksimalkan di bawah guyuran hujan di Fuji Speedway, Jepang. Meski dalam waktu singkat ada berapa kesimpulan yang dapat dipetik.

Daihatsu Motor Corporation (DMC) memberikan kesempatan pada peserta Daihatsu Journalist Trip Tokyo Motor Show (TMS) 2019 untuk menikmati performa Daihatsu Copen. Para profesional driver yang disiapkan Daihatsu mengajak rekan media untuk merakasan kei-car kabriolet dipacu hingga batas maksimal, baik dalam berakselerasi maupun melahap tikungan di track pendek yang telah disediakan.

Mobil123.com di siang hari dengan cuaca hujan ini menjadi penumpang Masaki Nishihara, seorang pembalap profesional Jepang yang kerap menjadi instruktur berkendara.  


"Halo, dari Indonesia ya? Saya punya beberapa teman pembalap dari Indonesia, khususnya drifter," sapa Nishihara sembari menyebutkan beberapa nama drfiter nasional.

Tanpa berpanjang lebar, Nishihara langsung mengarahkan Copen bertransmisi manual menuju lintasan. Karena hujan cukup lebat, beberapa ruas lintasan tergenang air, namun pedal akselerator(electrical throttle system) tetap ditekan dalam-dalam.

Serta merta, mesin berkapasitas 660 cc dengan turbo intercooler meraung. Tenaga mesin sebesar 63 hp pada 6.400 rpm dan torsi maksimal 92 Nm di putaran 3.200 rpm seakan berebut keluar dari lubang knalpot. 

Nishihara selanjutnya memaksimalkan racing line pada kecepatan rata-rata 60 - 70 km/jam. Meski jalan becek dan lincin, Ia tampak tidak perlu melakukan koreksi stir berkali-kali untuk menjaga posisi mobil.

Malah ada kalanya mobil terjebak digenangan saat akan masuk tikungan. Nishihara kemudian bisa dengan mudah keluar tikungan.

"Maaf tadi jalannya tergenang, next lap kita ambil sisi lainnya," kata Nishihara.

Pada titik ini, para insinyur Daihatsu tentunya berhasil menemukan kombinasi terbaik mulai dari chassis, suspensi, mesin dan seluruh instrumen. Copen menjadi ringan (bobot hanya sekitar 800 kg), responsif, stabil dan mudah untuk dikendalikan.

Untuk diketahui Copen dilengkapi dengan pondasi atau struktur kerangka D-Frame. Struktur ini sendiri tergolong rigid layaknya rangka sebuah sportcar. 

Tak terasa 2 lap berakhir, Nishihara kemudian menutup test drive dengan kesimpulannya.

"Mobilnya asik, ringan, kecil dan stabil seperti naik go kart bukan? Bagi orang Indonesia mungkin mesinnya terlalu kecil dan bakal dimodifikasi dengan mesin besar, jadi lebih responsif," tutupnya sambil terkekeh. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support