Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daihatsu Rocky Harus Diproduksi di Indonesia Jika Ingin Harganya Kompetitif

Mobil Baru

Daihatsu Rocky Harus Diproduksi di Indonesia Jika Ingin Harganya Kompetitif

OSAKA - Harga jual Daihatsu Rocky tidak akan bisa kompetitif jika unit jualnya nanti masih dalam bentuk CBU atau tidak diproduksi di Indonesia.

Daihatsu Rocky hadir di Tokyo Motor Show (TMS) 2019, secara umum memang belum ada kepastian akan dijual di Indonesia. Di pasar Jepang sendiri, mobil yang punya kembaran Toyota Rise ini baru akan mulai dijual awal tahun 2020.

Namun demikian spekulasi bermunculan, SUV kompak ini kemudian langsung digadang menjadi adik dari Daihatsu Terios. Artinya Rocky akan bermain di pasar baru, persis di bawah low MPV.

Jika hal ini terjadi, maka mobil ini kira-kira akan dipasarkan di angka di bawah Rp 200 juta. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sendiri langsung mengatakan bahwa syarat utama jika Rocky akan dijual di Indonesia harus diproduksi di Tanah Air.

"Kalau mau (dijual) ini harus di produksi di Indonesia. Tidak mungkin didatangkan dari Jepang karena harganya akan mahal sekali," ungkap Amelia Tjandara, Direktur Marketing ADM di Fuji Speedway, Jepang beberapa waktu lalu.

Ketika ditanya kapan realisasinya, Amel masih tidak mau berbicara banyak. Pihak Daihatsu masih belum melakukan pembahasan soal penjualan Rocky di Indonesia.

"Belum ada pembicaraan lebih lanjut soal Rocky di Indonesia, termasuk rencana produksinya," kata Amel.

Rocky sendiri secara umum punya dimensi yang kompak, dengan paduan aura sporty dan elegan. Tarikan garisnya garisnya sepintas mirip SUV-SUV buatan Hyundai yang berkiblat dengan gaya Eropa.

Rocky memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm. Sementara jarak sumbu rodanya sebesar 2.525 mm serta secara total memiliki bobot tidak lebih dari 1 ton atau tepatnya 980 kg.

Nuansa kompak dan juga sporty juga mengalir deras ke dalam interior. Tampak dari dominasi warna hitam, jok semi bucket, lingkar kemudi dengan sistem kontrol juga meter clusternya.

Dari sektor sumber tenaga, DMC mengakui akan melengkapi Rocky dengan 2 pilihan mesin. Masing-masing berkapasitas 1.0-liter turbo dan juga 1.2 liter.

Di TMS 2019, keterangan spesfikasi hanya ada pada mesin 1.0-liter turbo. Di mana memiliki tenaga sebesar 96 hp dan torsi 140 Nm.

Lalu bagaimana nasib Daihatsu Rocky selanjutnya? Tunggu beritanya di Mobil123.com. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Editor

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang