Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Test Ride Alva One XP, Motor Listrik Terbaru dari Alva

Review

Test Ride Alva One XP, Motor Listrik Terbaru dari Alva

Alva kembali menggebrak pasar dengan merilis varian terbaru dari skuter listrik mereka, Alva One XP.

Motor listrik dihadirkan pada IIMS 2024 dengan kombinasi antara performa tangguh dan fitur canggih yang dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan nyaman bagi para penggunanya.

Pada ajang IIMS 2024 terdapat area test ride motor listrik indoor kami mencoba Alva One XP, berikut rasa berkendara motor listrik ini 

Rasa Berkendara Alva One XP

Saat menaiki Alva One XP tidak ada perbedaan dari sisi dimensi dengan Alva One, tetap untuk kami yang tingginya 160 cm harus sedikit jinjit duduk diatas motor ini.

Alva One XP hadir dengan desain futuristik dan modern. Dengan dimensi panjang 1.960 mm, lebar 755 mm, dan tinggi 1.200 mm, serta jarak sumbu roda sebesar 1.370 mm, skuter ini memberikan keseimbangan dan stabilitas optimal selama berkendara. 

Menggunakan rangka baja yang dapat memberikan keamanan dan ketahanan tambahan, sementara ketinggian tanah sebesar 135 mm memungkinkan Alva One XP melintasi berbagai permukaan jalan dengan lancar.

Sebagai perbandingan berikut kami berikan tabel perbandingan dimensi antara Alva One XP dengan Yamaha NMax


 

Alva One XP

Yamaha NMax

Panjang

1.960 mm

1.935 mm

Lebar

755 mm

740 mm

Tinggi

1.200 mm

1.160 mm

Jarak sumbu roda

1.370 mm

1.340 mm

Jarak dari tanah

135 mm

124 mm

Berdasarkan tabel diatas dimensi Alva One XP secara keseluruhan sedikit lebih besar dibandingkan dengan Yamaha NMax. 

Desain motor listrik ini dilengkapi dengan lampu utama yang berada di tengah dan telah menggunakan teknologi LED Projector. Lampu sein terpisah terletak pada body samping, sementara lampu belakang juga dilengkapi dengan teknologi LED, namun lampu seinnya dibuat terpisah seperti pada motor sport. Teknologi LED memberikan pencahayaan optimal di malam hari.

Pada bagian stangnya, di sebelah kiri terdapat beberapa tombol pengaturan seperti untuk lampu sein, lampu jauh dan dekat, serta klakson. Di sisi kanan, terdapat tombol untuk mode mundur dan cut off.

Dibawah stang terdapat laci penyimpanan tertutup pada bagian sebelah kiri tersedia USB port untuk mengisi daya smartphone atau bisa juga untuk menyimpan perlengkapan berkendara yang tidak terlalu besar seperti sarung tangan.

Performa dan jarak tempuh yang cukup untuk digunakan sebagai kendaraan sehari-hari karena ditenagai oleh baterai lithium berkapasitas 60 V - 45 Ah (2,7 kWh), skuter ini mampu menempuh jarak hingga 70 km dengan sekali pengisian baterai. Kecepatan maksimumnya mencapai 90 km/jam, memberikan pengalaman berkendara yang dinamis dan responsif di berbagai kondisi.

Karena menggunakan sistem penggerak roda (Hub Drive) jadi tidak ada rasa delay dalam penyaluran tenaganya saat kita memelintir gas. Dari motor listriknya, Alva One XP menghasilkan tenaga sebesar 4 kW (5,4 PS) dan torsi maksimum sebesar 46,5 Nm 

Fitur Canggih Alva One XP

Alva One XP dilengkapi dengan berbagai fitur canggih untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna. Layar Dynamic TFT yang bisa menyesuaikan dengan kondisi luar baik saat siang maupun malam sehingga bisa memberikan informasi yang jelas dan mudah dibaca, seperti informasi kecepatan, mode berkendara, sisa jarak tempuh, odometer, kapasitas baterai dan suhu.

Terdapat tiga mode berkendara ECO/CRUISE/E-SPORT yang berpengaruh pada penyaluran tenaga sehingga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan gaya berkendara sesuai preferensi mereka .

Fitur tambahan seperti Combi Brake System (CBS) dan Alarm meningkatkan tingkat keamanan skuter ini.

Beralih pada bagian kaki-kaki ban dan peleknya berwarna hitam menggunakan ukuran ban depan 90/90 - 14 M/C , belakang 110/80 - 14 M/C .

Lalu sistem pengeremannya sudah dibekali dengan rem cakram tiga piston pada bagian depan & belakang dua piston untuk menyeimbangi tenaga dan torsi yang dihasilkan, sementara sistem suspensi depan bertipe teleskopik dan belakang monoshock.

Untuk pengaman tambahan pada baterainya terdapat saklar untuk memutus arus layaknya meteran listrik di rumah.

Aplikasi My Alva Mobile

Melalui aplikasi khusus My ALVA Mobile Apps, pengguna dapat terhubung dengan motor Alva selama 24/7 untuk memantau status baterai dan pengisian secara real-time, melacak perjalanan, mendapatkan statistik berkendara secara lengkap dan 24/7 roadside assistance. 

Beda Alva One XP dengan Alva One

Beda Alva One XP dengan Alva One terdapat pada warna bodynya, untuk Alva One XP menggunakan kombinasi dua warna sedangkan Alva One hanya menggunakan satu warna saja. Dan terdapat striping pada Alva One XP yang menambah kesan sporty.

Pilihan Warna dan Harga Alva One XP

Alva One XP tersedia dalam lima pilihan warna yang menarik yakni Edgy Turquoise, Supernova Black, Casual Blue, Indie Red, dan Hello White, memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan gaya mereka dengan lebih bebas. 

Dengan harga Rp38,5 juta (on the road Jabodetabek), dengan harga tersebut Anda akan mendapatkan garansi baterai selama tiga tahun atau 25 ribu km, garansi spare part dua tahun atau 20 ribu km dan garansi servis 2 tahun atau 20 ribu km.

Selain Alva One XP ada juga model lain motor Alva yaitu Alva Cervo yang ditawarkan seharga Rp35,75 juta dan Alva One Rp29,49 juta.

Alva Cervo

Kami juga akan membahas secara singkat mengenai motor Alva Cervo ini berdasarkan klaim pabrikannya mampu menyentuh top speed 103 km/jam serta kemampuan untuk menanjak sampai 17 derajat, menggunakan baterai lithium berkapasitas 73,8 V 24 Ah (1,8 kWh) dengan penggerak mid drive yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 9,8 kW dan torsi 53,5 nm..

Dimensinya panjang 1,933 mm, lebar 713 mm, tinggi 1,115 mm, jarak sumbu roda 1,343 mm dan jarak tinggi ke tanah 140 mm. 

Menggunakan suspensi depan telescopic, belakang monoshock, dan pengeremannya cakram depan belakang, lalu penggunaan pelek 14 inci dibalut ban depan ukuran 110/80 dan belakang 140/70.

Tersedia fitur LED projector headlamp, LED rear lamp, DRL, TFT LCD Dashboard display, Boost button dengan 3 mode berkendara, Mode mundur, Aplikasi Alva, Luggage Hook dan USB Port.

Alva One XP menawarkan kombinasi yang pas antara performa, fitur, dan nilai yang baik di kelasnya.

Pilihan warna Supernova Black, Halo White, Edgy Turquoise, Mars Cooper, Nebula Green dan tersedia dua pilihan aksen yaitu hitam dan putih pada bagian behel belakang dan pada area CVT.

Dengan semua fitur unggulan yang ditawarkannya, Alva One XP membuktikan dirinya sebagai pilihan yang sangat menarik bagi mereka yang mencari motor listrik yang handal dan modern.

[Ryn/YS]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang