Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Menjajal Tiga Ubahan Signifikan ALVA ONE XP dari Versi Sebelumnya

Review

Menjajal Tiga Ubahan Signifikan ALVA ONE XP dari Versi Sebelumnya

TANGERANG SELATAN – Setelah mendapatkan sorotan positif di ajang IIMS 2024 kemarin, ALVA ONE XP, motor listrik terbaru itu coba dijajal perfomanya.

Kalangan jurnalis otomotif diberikan kesempatan eksklusif untuk merasakan langsung sensasi berkendara dengan ALVA ONE XP di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu (6/3).

Sebelum melakukan uji berkendara, Chief Business Officer ALVA, Putu Yudha, atau yang akrab disapa Adit, memberikan penjelasan mengenai beragam perbaikan dan peningkatan fitur pada motor listrik terbaru mereka.

Salah satu fitur yang menonjol adalah perbaikan pada layar ALVA ONE XP. Kini, layar motor ini menggunakan teknologi dynamic TFT yang dapat menyesuaikan kondisi cuaca, terutama ketika terkena sinar matahari. 

Dengan demikian, pengendara akan merasa lebih nyaman berkendara baik pada siang ataupun malam hari.

Sementara itu, menurut Masykur, Product Planning Advisor ALVA, ALVA ONE XP merupakan produk refreshment dari model sebelumnya. 

Terdapat tiga item baru yang menjadi fokus perbaikan, di antaranya adalah grafis baru dengan warna two-tone yang lebih segar, peningkatan adaptabilitas layar TFT terhadap kondisi malam, dan perbaikan mode drive agar lebih sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia, terutama saat musim hujan.

Lebih lanjut, Masykur menjelaskan bahwa layar TFT tidak hanya memberikan petunjuk yang baik kepada pengendara, tetapi juga memberikan sensasi vibrasi yang baik saat berkendara. 

Tarikan motor yang spontan juga menjadi salah satu keunggulan yang ditonjolkan. Selanjutnya, pemilihan diameter roda sebesar 14 inci pada ALVA ONE XP juga menjadi perhatian khusus dalam pengembangan. 

“Meskipun pertimbangan awal berkisar antara 10 hingga 18 inci, akhirnya diputuskan untuk memilih diameter 14 inci untuk disesuaikan dengan kondisi jalan di Indonesia,” kata Masykur.

Tidak hanya itu, dalam aplikasi MY ALVA, pengguna juga akan menerima peringatan untuk melakukan servis berkala di bengkel resmi ALVA. 

Fitur keamanan yang tidak kalah pentingnya adalah kemampuan untuk mematikan motor dari jarak jauh melalui koneksi dengan MY ALVA, sehingga meningkatkan proteksi terhadap risiko pencurian.

“Ada salah satu konsumen kami yang sudah merasakan kelebihan fitur ini. Jadi saat dia lupa motornya ada dimana dan dipinjam siapa, dia bisa langsung melihat posisi motor dan mematikan mesin motor tersebut dari jauh,” jelas Masykur.

Dengan berbagai peningkatan dan fitur baru yang ditawarkan, ALVA ONE XP menjadi pilihan menarik bagi para penggemar motor listrik yang menginginkan kualitas dan kemudahan dalam berkendara. 

Diharapkan, dengan hadirnya ALVA ONE XP, Alva dapat terus menjadi pionir dalam menghadirkan inovasi yang mengubah paradigma dalam industri otomotif.

Sesi Test Ride ALVA ONE XP

test ride alva one xp

Saat Mobil123 kebagian jajal untuk berkendara dengan motor listrik ALVA ONE XP di sebuah Cafe di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, kami langsung merasakan pengalaman berkendara yang berbeda dan memikat. 

Meskipun sesi test ride hanya sebentar dan treknya pendek serta penuh dengan kerikil, Mobil123 cukup terkesan dengan kelincahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh motor ini.

Dari sisi tampilannya yang segar dengan warna dual tone dan striping baru memberikan spektrum warna yang unik akan memikat pandangan sejak pertama kali melihatnya. 

Tidak seperti motor listrik lainnya yang cenderung hanya satu tone saja. Bagian depan yang menonjolkan desain yang modern tidak hanya memberikan kesan stylish, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri di antara pengguna motor listrik lainnya.

Saat Mobil123 melaju dengan ALVA ONE XP, kami merasakan kenyamanan yang luar biasa. Ban berkualitas dengan diameter roda yang besar memberikan stabilitas yang baik, terutama saat melewati jalan berkerikil di lokasi itu. 

Jok yang luas dan legroom yang memadai juga menambah kemudahan dalam berkendara.

Dimensi ALVA ONE XP

Ukuran

Panjang

1.960 mm

Lebar

755 mm

Tinggi

1.200 mm

Jarak Sumbu Roda

1.370 mm

Jarak dari Tanah

135 mm

Ukuran Ban Depan

90/90 - 14 M/C

Ukuran Ban Belakang

110/80 - 14 M/C

Perfoma ALVA ONE XP

Segera setelah menyalakan mesin, kami merasakan ketenangan karena tidak ada suara mesin yang berisik, hanya senyap yang menghiasi sesi uji berkendara singkat itu. 

Pada saat Mobil123 melewati trek yang penuh dengan kerikil, kami merasa stabil dan percaya diri, berkat roda yang besar dan ban berkualitas ALVA ONE XP.

Dari segi performa, ALVA ONE XP tidak mengecewakan. Dengan maksimum kecepatan hingga 90 km/jam, daya jelajah hingga 70 km, dan torsi sebesar 46,5 Nm.

Kami merasakan tenaga yang cukup untuk menaklukkan berbagai medan. Penggerak hub-drive yang disempurnakan juga menambah kehandalan motor ini.

Tak hanya itu, ALVA ONE XP dilengkapi dengan beberapa mode berkendara yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Mode Eco dan Cruise cocok untuk penggunaan sehari-hari, sementara mode E-Sport memberikan sensasi berkendara yang lebih dinamis dan sporty.

Tidak perlu khawatir saat hujan turun, kalian juga dapat dengan mudah beralih ke mode Eco atau Cruise untuk menyesuaikan dengan kondisi cuaca. 

Meskipun dalam sesi test ride tersebut, fitur mode berkendara ini tidak bisa dimaksimalkan karena keterbatasan trek berkendara yang kecil dan pendek.

Layar dynamic TFT yang cerdas juga akan membantu para pengendaranya untuk tetap fokus dan nyaman saat berkendara, kami merasakan hal itu saat berkendara di terik siang.

Spesifikasi ALVA ONE XP

Berikut adalah tabel spesifikasi ALVA ONE XP:

Spesifikasi

Detail

Kecepatan Maksimum

90 km/jam*

Jarak Tempuh

Hingga 70 Km** (1 baterai)

Tipe Penggerak

Hub Drive

Daya Terpasang

4 kW(5,4 PS)

Torsi Maksimum

46,5 Nm

Tipe Baterai

Lithium

Kapasitas Baterai

60 V - 45 Ah (2,7 kWh)

Waktu Pengisian

4 jam (1 baterai)

Ukuran Roda

Depan 90/90 - 14 M/C (Depan), 110/80 - 14 M/C (Belakang)

Tipe Rem

Rem Cakram Depan & Belakang

Suspensi

Teleskopik (Depan) / Monoshock (Belakang)

Rangka

Rangka Baja

Sistem Rem

CBS

Alarm

Ya

Layar TFT Dinamis

Ya

Aplikasi Mobile My ALVA

Ya

Lampu Depan LED dengan Posisi

Ya

Lampu Belakang LED

Ya

Mode Berkendara

Eco/Cruise/E-Sport

Kunci Pintar

Ya

Tombol Mundur

Ya

Port USB

Ya

Dengan catatan: Kecepatan maksimum dapat berbeda-beda tergantung pada kondisi jalan dan beban kendaraan.
Jarak tempuh maksimum dapat bervariasi tergantung pada kondisi penggunaan dan lingkungan.


Kombinasi antara desain yang menawan, performa yang handal, kenyamanan yang luar biasa, dan fitur-fitur canggih, ALVA ONE XP menjadi pilihan yang sempurna bagi para penggemar motor listrik yang menginginkan pengalaman berkendara yang tak terlupakan.

Motor listrik ALVA ONE XP menawarkan pengalaman berkendara yang luar biasa dengan harga yang sangat kompetitif. 

Mulai dari Rp 38.5 juta* (OTR Jabodetabek), motor ini menyajikan kombinasi sempurna antara teknologi canggih, desain modern, dan performa handal. 

Dengan harga tersebut, kalian tidak hanya mendapatkan kendaraan yang ramah lingkungan dan hemat energi, tetapi juga sebuah investasi jangka panjang yang akan memberikan kepuasan dalam setiap perjalanan.



Tutus Subronto

Tutus Subronto

Editor

Head of Media Content iCar Asia Indonesia. Email: tutus.subronto@icarasia.com


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang