Tesla Luncurkan Truk Pertama Mereka

Berita Otomotif

Tesla Luncurkan Truk Pertama Mereka

CALIFORNIA - Tesla resmi meluncurkan truk listrik mereka yang diberi nama Sem disebut-sebut cerminan truk masa depan oleh Elon Musk, CEO Tesla.

Hal ini wajar karena truk ini mampu menempuh jarak sejauh 500 mil atau setara 804 km dan membawa beban seberat 36 ton. Ketika dalam kondisi bawaan penuh, Semi mampu mencapai kecepatan 96 km/jam dalam waktu 20 detik, jauh lebih cepat dibanding truk diesel pada umumnya.

Rahasia kecepatan pada truk ini adalah Tesla Semi memiliki empat motor independen yang menggerakkan empat roda belakang.

Tak hanya itu, Musk juga mengklaim bahwa truk ini memiliki resiko yang sangat kecil untuk mengalami slip. Untuk menghindari resiko ini, Tesla Semi sudah menggunakan independent rear wheels yang dapat menyesuaikan torsi ke masing-masing roda sehingga potensi slip akan berkurang.

Untuk meningkatkan tingkat keselamatan, Tesla Semi juga dijual dengan Enhanced Autopilot sebagai fitur standard. Dengan demikian, turk ini juga sudah dilengkapi dengan automatic lane keep assist dan autonomous braking.

Walau ini adalah truk pertama Tesla, namun Tesla Semi diperkirakan akan sukses. Tesla pun menjamin bahwa truk tidak akan rusak dalam satu juta mil pertama atau setara 1,6 juta Km pertama. Pemilik juga akan mendapat keuntungan dari Megacharger terbaru yang mampu mengisi daya untuk 643 mil hanya dalam watu 30 menit. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual