Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Terkenal Fun to Drive, Harga Honda Brio Matic Baru Mulai Rp194 Juta-an

Panduan Pembeli

Terkenal Fun to Drive, Harga Honda Brio Matic Baru Mulai Rp194 Juta-an

Honda Brio hingga saat ini menjadi city car terpopuler dan yang paling laris. Wajar saja, Honda Brio memiliki beragam aspek yang lebih unggul ketimbang produk sejenis. Kini, harga mobil Brio matic baru dengan transmisi matic dijual mulai Rp194,1 juta.

Mengapa harus Brio matic? Sederhana saja, karena situasi lalu lintas di kota besar kian padat. Memakai mobil manual di kemacetan yang cukup panjang tentunya bisa membuat kaki kiri pegal karena menginjak pedal kopling.

Mobil matic bakal lebih praktis karena kita tak perlu lagi repot main kopling saat macet. Tinggal masuk gigi D lalu injak gas untuk menjalankan mobil. Kita pun tinggal fokus mengemudi dan sesekali bermanuver mencari celah saat kemacetan.

Sebagai informasi, Honda Brio adalah salah satu model dengan penjualan tertinggi. Bahkan Honda Brio pernah memecahkan rekor sebagai mobil dengan penjualan tertinggi di Indonesia pada tahun 2020, 2022, dan berlanjut hingga kuartal pertama tahun 2023. 

Berikut ini harga mobil Brio Matic Baru 2023:

  • Brio Satya E CVT Rp191,4 juta
  • Brio RS CVT Rp246,9 juta

Di luar dua tipe tadi, Honda Prospect Motor sempat merilis varian Brio RS Urbanite yang tampil lebih eksentrik melalui tambahan body kit. Lantas seperti apa kelebihan dari Honda Brio matic terbaru ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Honda Brio Satya E CVT, LCGC Paling Proporsional

Bila mencari mobil murah di bawah Rp200 juta yang punya paket komplit, maka Honda Brio Satya tipe E dengan transmisi CVT bisa jadi pilihan. Sebagai varian tengah, Honda Brio Satya E sudah dibekali fitur electric mirror untuk membuka kaca jendela.

Sistem pencahayaan berupa LED DRL pada lampu utamanya. Pada versi facelift 2023, Brio Satya E CVT telah memakai velg alloy berukuran 14 inci model kipas berkelir two-tone. Sementara itu pada kaca belakang terpasang wiper yang berfungsi untuk menyeka kaca, guna memudahkan pandangan ketika melihat objek di buritan. 

Masuk ke interior, kelengkapan dari Brio versi LCGC ini tidak luar biasa namun cukup ideal untuk kelas harga dari mobil Brio matic baru tersebut. Door lining dan dashboard pada interior dipadu dengan warna abu-abu pada bagian roof lining-nya.

Brio Satya E CVT dibekali head unit 2-DIN yang mendukung format seperti USB Port, AM/FM Radio, AUX-IN, Bluetooth, Hands-free Telephone. Kemudian untuk pengaturan AC memakai panel dengan tampilan digital yang terlihat modern. Adapun pengaturan head unit bisa dilakukan melalui tombol pada setir yang terhubung dengan sistem multimedia.

Lebih lanjut, Brio Satya E CVT telah dilengkapi fitur tilt steering yang memudahkan pengguna ketika ingin mengatur posisi berkendara yang ergonomis. 

Fitur Keamanan dan Keselamatan yang Modern 

Fitur keselamatan tidak berubah, Brio Satya E CVT didukung Dual SRS Airbags serta Pretensioner Seatbelt yang dilengkapi dengan Load Limiter. Honda Brio pada seluruh tipe dan varian telah disematkan ABS dan EBD. Untuk keamanan, kuncinya didukung dengan teknologi immobilizer. Tipe ini juga dilengkapi sudah dilengkapi alarm system dan auto door lock. 

Lebih lanjut, Brio Satya masih mengandalkan sistem pengereman dengan ABS dan EBD. Selain itu, Honda juga melengkapi mobil LCGC tersebut dengan teknologi G-Force Control, hingga Side Impact Beam dan Padestrian Protection.

Honda Brio RS CVT, Tampil Modis dan Fun to Drive 

Tipe lainnya dari Honda Brio matic keluaran baru ialah Brio RS CVT. Sebagai catatan, Brio RS tak masuk kategori LCGC sehingga harganya mahal karena tidak dapat insentif pajak. Walau begitu Brio RS punya desain dan fitur yang lengkap di kelas harganya. 

Sebagai varian teratas, tentu Brio RS facelift membawa fitur paling lengkap dibandingkan Brio Satya E CVT. Tak cuma headlamp dengan LED DRL, Brio RS telah memiliki LED foglamp untuk membantu pencahayaan. Spionnya juga telah terpasang corner lamp untuk lampu sein, dengan pengaturan electric mirror with retractable.

Honda Brio RS CVT dipercantik dengan body kit mencakup side skirt yang menampilkan kesan sporty, serta adanya difusser pada bumper belakang dan spoiler di bagian atas pintu belakang. 

Tak ketinggalan pada atapnya mendapat opsi pilihan warna hitam dan stoplamp yang diberi aksen smoked. Perbedaan lain terdapat pada interiornya dengan fitur yang lebih mahal. 

Sistem multimedia di Brio RS menggunakan head unit layar sentuh yang mendukung fitur seperti USB Port,  AM/FM Radio, Bluetooth & HFT, Screen Mirroring, dan Smartphone Connection, Audio Steering Control serta tweeter speaker.

fitur keamanan di tipe teratas Brio  kini menggunakan Smart Key dan tombol Start/Stop Engine. Tak cukup sampai di situ, panel intrument Brio RS facelift dibekali layar MID di sebalah kanannya yang menampilkan kesan modern sekaligus juga informatif. 

Pada jok baris pertama Brio RS facelift telah memakai fitur Adjustable Headrest. Hal ini jelas memberikan rasa nyaman selama perjalanan terutama bagi pengemudi. 

Mesin dan Transmisi CVT Lawas Tetap Jadi Andalan 

Honda Brio matic keluaran baru masih tetap mempertahankan mesin dan transmisi dari generasi sebelumnya. Mesin berkode L12 1.2L SOHC 4 silinder segaris i-VTEC+DBW dengan isi silinder 1.198 cc menghasilkan daya maksimum sebesar 120 PS pada putaran 6000 rpm dan torsinya 110 Nm pada putaran 4800 rpm. 

Transmisi CVT yang digunakan pada Honda Brio menawarkan akselerasi yang halus dan kuat berkat pompa oli dengan daya gesek rendah. Kemudian pada rancangan pulley memberi rentang rasio untuk akselerasi yang halus dan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih baik.

Kelebihan Transmisi Matic CVT di Honda Brio Baru

CVT atau continuously variable transmission adalah transmisi otomatis dengan rasio sabuk baja antara pulley premier dan sekunder yang berubah-ubah secara otomatis menyesuaikan kebutuhan torsi ketika mengemudi.  

Teknologi transmisi CVT sebenarnya merupakan teknologi yang sudah ada sejak lama. Konsepnya sudah ditemukan sejak tahun 1879 oleh Milton Reeves. 

Ia merupakan seorang kawakan industri otomotif Amerika Serikat menemukan CVT, yang pada saat itu disebut sebagai variable-speed transmission.

Cara kerja transmisi CVT ini bertumpu pada sabuk baja yang menghubungkan drive pulley (puli primer) dan driven pulley (puli sekunder) menggunakan prinsip gaya gesek. Setiap puli akan didorong melalui pompa fluida sehingga tenaga yang disalurkan lebih sempurna, dan lebih responsif ketika menyesuaikan perubahan kecepatan dan torsi secara tepat. 

Karena tidak ada gigi rasio yang fix sebagaimana di matic konvensional, maka proses akselerasi dapat berlangsung tanpa jeda. Jadi hanya dalam sekali gerak, maka rasio gigi 1 sampai 4 terlampaui. 

Kemampuan pulley dalam membuat rasio putaran sabuk baja yang fleksibel berdampak pada beban kerja pada mesin akan jauh lebih ringan.

mobil bertransmisi CVT juga sudah diprogram pada ECU-nya agar rasio puli primer - sekunder bisa bekerja dalam putaran mesin serendah mungkin. Hal ini berperan dalam menghantarkan tenaga yang optimal dengan konsumsi bahan bakar yang efisien ketika mobil dijalankan. 

(YS)

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang