Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Harga Honda Brio Bekas Gen 2 2018 Mulai Rp110 Juta, Ini Kelebihannya

Mobil Bekas

Harga Honda Brio Bekas Gen 2 2018 Mulai Rp110 Juta, Ini Kelebihannya

Membahas segmen mobil murah perkotaan, tentu kita tak mungkin tidak membahas sosok Honda Brio. Hatchback rilisan Honda ini senantiasa jadi model terlaris dalam beberapa tahun terakhir. Setelah berusia lima tahun, kini harga Honda Brio bekas generasi kedua makin terjangkau.

Dikutip dari marketplace Mobil123, harga Honda Brio Satya generasi kedua keluaran 2018 dijual mulai Rp110 juta dan harga termahalnya Rp170 juta di wilayah Jakarta. Bandingkan dengan harga barunya saat meluncur di 2018 lalu sebagai berikut untuk  OTR wilayah Jakarta:

  • Satya E M/T Rp147,5 juta, 
  • Honda Brio Satya E CVT Rp 162,5 juta, 
  • Honda Brio RS M/T Rp175,
  • Honda Brio RS CVT Rp190 juta.

Melihat harga honda brio bekas, bisa kita sebut kalau Honda Brio generasi kedua setelah pemakaian nyaris lima tahun penurunannya tidak terlalu signifikan. Lantas apa menariknya Honda Brio generasi kedua hingga menjadikannya sebagai mobil terlaris di segmen city car dan LCGC?

Depresiasi Harga Sangat Rendah

Harga menjadi salah satu keunggulan Honda Brio. Desain dan fitur Brio relatif lebih modern dibandingkan mobil LCGC pada umumnya membuat konsumen tertarik membeli mobil ini.

Sebagai perbandingan, Harga Brio RS CVT bekas setelah pemakaian lima tahun dijual seharga Rp170 juta. Sementara itu pada 2018 lalu, harga baru mobil tersebut di angka Rp190 juta. 

Artinya depresiasi atau penurunan harga setelah dipakai selama selama lima tahun cuma sekitar Rp20 juta. Bila kita breakdown lagi, maka penurunan per tahun cuma sekitar Rp4 juta. Tingginya harga jual kembali dari Honda Brio membuat kita serasa cuma membayar sewa mobil.

Penampilan Makin Stylish dan Tidak Terkesan Mobil Murah

All-new Honda Brio dikembangkan di bawah konsep utama “Proud Over Class”, yang membuat penampilannya makin prestisius. Melihat desainnya, Honda membenamkan tampang Mobilio facelift di Brio facelift dengan headlamp sipit dan grill solid wing yang tebal.

Sementara itu pada sisi belakang, Honda Brio generasi kedua tak lagi memakai pintu kaca. Desainnya berubah total dengan panel pintu berbahan logam seperti hatchback pada umumnya. 

Selain perubahan desain, Honda Brio telah mengalami penyempurnaan di berbagai aspek yaitu:

  • Memperpanjang jarak sumbu roda hingga 60 mm untuk menciptakan ruang duduk baris belakang yang lebih besar. Ini juga memudahkan penumpang untuk masuk dan keluar kendaraan.
  • Ruang bagasi Lebih luas hingga 90 mm untuk menyediakan kapasitas lebih besar, yang dapat digunakan untuk menampung kereta bayi dan barang bawaan besar yang lainnya. Kapasitas bagasi telah ditingkatkan hingga lebih dari 258 liter, atau 84 liter lebih besar dari Honda Brio Generasi pertama. 
  • Mengubah desain pintu belakang menjadi Tailgate Style yang lebih kokoh untuk memberikan rasa aman yang lebih baik. Bukaan pintu belakang Brio juga 15% lebih lebar dari model sebelumnya, sehingga pengguna dapat melakukan bongkar muat untuk barang-barang berukuran besar

Sementara itu pada Brio RS desainnya agresif dan sporty dengan Gloss Black Front Grille, roda berdiameter besar dan aeroparts. Interior beraksen hitam dengan aksen oranye dirancang untuk memberikan kesan sporty.

Lebih lanjut, Brio RS dipercantik dengan Black Roof Top, Side Sill Garnish, Gloss Black Front Grille, Tailgate Spoiler, Sporty Rear Diffuser Spoiler, dan 15–Inch Alloy Wheels untuk mengekspresikan DNA sporty Honda.

Desain Mobil yang Cocok Bagi Segala Kalangan

Honda kali ini piawai meracik desain Honda Brio yang bisa cocok dengan segala kalangan. Desainnya sporty buat anak muda tapi masih cukup elegan bagi kalangan yang lebih tua.

Dengan aksen sipit pada headlamp dengan aksen sporty, kita bisa mengeksploitasi desain Brio melalui modifikasi body kit atau ganti velg yang lebih besar agar tampil beda.

Performa Mesin Paling Bertenaga Dikelasnya

Honda Brio generasi ke-2 menawarkan efisiensi bahan bakar dan pengalaman fun-to-drive yang sangat baik. daro peforma mesinnya yang bertenaga. Peforma mesin tersebut didukung oleh mesin 1.2L SOHC 4 silinder segaris i-VTEC+DBW dengan isi silinder 1.198 cc. 

Mesin berkode L12 menghasilkan daya maksimum sebesar 120 PS pada putaran 6000 rpm dan torsinya 110 Nm pada putaran 4800 rpm. Rancangan mesin ini memiliki pola zigzag yang ditingkatkan pada struktur piston untuk proses intake yang lebih ringan serta dilengkapi cam chain lebih ramping.

Transmisi CVT yang digunakan Honda Brio menawarkan akselerasi yang halus dan kuat berkat pompa oli dengandaya gesek rendah untuk konsumsi bahan bakar yang efisien. Rancangan pulley memberi rentang rasio yang menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih baik serta akselerasi yang halus. 

Handling Lincah dan Responsif

Hal positif yang dirasakan ketika berada di balik kemudi Honda Brio adalah handling yang sangat lincah dan responsif. Putaran setirnya tidak kosong, didukung suspensi terasa empuk dan cukup stabil untuk bermanuver.

Kombinasi mesin dan transmisinya menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Ditunjang suspensi jenis McPherson Strut di depan dan H-shape Torsion Beam di belakang. Posisi caster angle Honda Brio generasi kedua juga telah diatur ulang agar mengurangi gejala body roll berlebih.

Fitur Kenyamanan Kabin yang Modern

Bicara fitur kenyamanan, antara Brio Satya dan Brio RS tentu ada perbedaan yang cukup signifikan. Fitur di Brio Satya mencakup head unit 2DIN, USB Port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone & iPod, CD-Player, Aux-in, Compatible w/ steering switch, Bluetooth and Hands Free Telephone.

Sementara itu, fitur multimedia di Brio RS dibekali head unit  6.2” (Resistive), USB Port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone/iPod, Compatible w/ RR Cam, CD & DVD Player, Compatible w/ Steering Switch, AUX-IN, Bluetooth and Hands Free Telephone.

Pada Honda Brio generasi kedua telah mendukung fitur AC digital, dan interiornya terdapat dua kompartemen untuk wadah botol berukuran 600 ml.

Fitur Keselamatan yang Cukup Komprehensif

Hal yang tak kalah penting di Honda Brio generasi kedua ialah soal fitur keselamatan dan keamanan. Brio telah didukung Dual SRS Airbags serta Pretensioner Seatbelt yang dilengkapi dengan Load Limiter.

Selain itu, Honda juga melengkapi mobil ini dengan teknologi G-Force Control, hingga Side Impact Beam dan Padestrian Protection. Lebih lanjut, Brio telah memiliki sistem pengereman dengan ABS dan EBD. 

Kekuatan Brand Honda Sebagai Merek 'Mahal'

Honda sejauh ini memiliki citra yang bagus di masyarakat. Mobil-mobil di bawah brand Honda dianggap lebih bergengsi dibandingkan mobil Jepang lainnya.

Brand Honda juga semakin bagus soal after sales atau layanan purna jual, mulai dari ketersediaan jaringan bengkel resmi di berbagai daerah untuk mendukung ketersediaan spare part. Dengan begini, spare part fast moving gampang tidak perlu inden.

Kesimpulan

Dengan berbagai faktor di atas tentang fakta-fakta dan  harga honda brio bekas, terbukti membuat Honda Brio jadi model yang favorit di masyarakat. Mulai dari performa lebih oke, desain makin stylish, hingga fitur yang cukup lengkap. Terlebih, brand Honda juga memiliki citra prestisius bagi para penggunanya.  



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang