Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tenang, Pertamina Bertekad Tahan Harga BBM Pertalite!

Berita Otomotif

Tenang, Pertamina Bertekad Tahan Harga BBM Pertalite!

JAKARTA - Harga berbagai bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi Pertamina dinaikkan awal Maret 2022. Tapi tidak untuk Pertalite.

Sekadar mengingatkan, pada 3 Maret 2022 Pertamina menaikkan harga beberapa macam BBM non-subdisi. Adapun jenis-jenisnya adalah Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dex Lite.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut baru-baru ini menegaskan harga jenis BBM non-subsidi lain yakni Pertalite masih mereka pertahankan walaupun banderol minyak mentah dunia terus melonjak akibat operasi militer Rusia di Ukraina.

“Kami sepenuhnya mendukung kebijakan Pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional, sehingga meski harga minyak dunia menembus US$ 130 per barel, Pertamina terus berkoordinasi dengan Pemerintah untuk memutuskan harga Pertalite akan tetap di harga jual Rp 7.650 per liter,” kata Vice President Corporate Communication PT Pertamina Fajriyah Usman melalui keterangan resmi pada Rabu (9/3/2022) sore kemarin.

Harga Pertalite, sambungnya, masih sama dalam tiga tahun belakangan. Kontribusi Pertalite terhadap konsumsi BBM nasional sendiri merupakan yang terbesar, dengan komposisi mencapai sekitar 50 persen.

Menurut Fajriyah, kondisi ini yang menjadi alasan pemerintah dan Pertamina terus berkoordinasi dan berkomunikasi mengenai cara-cara menjaga harga Pertalite.

Di antara cara yang dilakukan adalah melakukan efisiensi di berbagai aspek.

Seperti misalnya menekan biaya produksi BBM dalam negeri dengan memaksimalkan penggunaan minyak mentah domestik, juga mengoptimalkan penggunaan gas alam demi menghemat biaya energi.

Secara paralel, Pertamina pun meningkatkan produksi kilang untuk produk bernilai tinggi.

Jenis-jenis BBM non-subsidi lain yaitu Pertamax Series serta Dex Series, di sisi lain, berkontribusi ‘hanya’ 15 persen dari total konsumsi BBM nasional.

Sebagian besar penggunanya pun kalangan dengan kemampuan ekonomi mampu, sehingga menjadi pilihan untuk dinaikkan harganya secara selektif untuk saat ini maupun di masa mendatang sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 62 Tahun 2017.

“Pertamina sangat berhati-hati dalam menetapkan harga. Namun kami yakin segmen konsumen ini telah merasakan manfaat BBM berkualitas yang lebih hemat dan lebih baik untuk perawatan mesin kendaraan, sehingga dapat menerima harga yang selama ini tetap sangat kompetitif dibandingkan produk yang sejenis lainnya,” tandas Fajriyah. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang