GIIAS 2019 akan Dipercepat Karena Tahun Politik

Berita Otomotif

GIIAS 2019 akan Dipercepat Karena Tahun Politik

MEDAN – Status 2019 sebagai tahun politik membuat pelaksanaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Ibu Kota maupun di daerah-daerah pada tahun tersebut mendapatkan penyesuaian.

Agus Riyadi, Project Director GIIAS, menjelaskan bahwa GIIAS 2019 bakal dilaksanakan pada 18 – 28 Juli di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. Padahal, selama ini GIIAS selalu diadakan pada Agustus.

Penyesuaian terhadap masa kampanye Pemilihan Umum Presiden(Pilpres) serta jadwal Pilpres disebut-sebut sebagai salah satu pertimbangannya. Seperti diketahui, masa kampanye berlangsung pada 23 September 2018 – 13 April, sedangkan Pilpres sendiri dijadwalkan pada 17 April.

“Di 2019, dengan adanya kekhawatiran terhadap tahun politik, ada sedikit perubahan di jadwal. GIIAS 2019 dimulai dengan Surabaya terlebih dahulu di akhir Maret kemudian lanjut di Jakarta (Serpong) pada 18 – 28 Juli. Makassar pada September, lalu Medan Oktober,” paparnya dalam konferensi pers GIIAS Medan 2018 pada awal pekan ini di Ibu Kota Sumatera Utara tersebut.

Kalau dilihat dari jadwal aktivitas politik, lanjut Agus, pameran di Surabaya dilakukan di tengah masa kampanye. Tapi,pihak penyelenggara sudah punya beberapa strategi khusus untuk menyikapinya. Sayang ia tidak bersedia menjelaskan apa strategi tersebut.

“Kami berharap kondisi sangat kondusif sehingga tak ada gejolak apa pun di arus bawah,” tandas Agus lagi.

Sebagai informasi, kalau dahulu Indonesia hanya memiliki satu pameran otomotif besar yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS), sejak 2015 muncul GIIAS. Pada 2015, keduanya sama-sama dilakukan pada 20 – 30 Agustus, tapi setelahnya akhirnya mereka ‘berbagi tempat’ yaitu IIMS di semester pertama dan GIIAS di semester kedua.

Namun, GIIAS saat ini merupakan pameran otomotif yang disokong langsung oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), asosiasi yang menaungi hampir seluruh pabrikan yang berbisnis di Indonesia. GIIAS juga masuk dalam agenda Asosiasi Pabrikan Otomotif Dunia (Organisation Internationale de Constructerus de l’Automobile/OICA).

Penyelenggara berharap GIIAS ke depannya semakin menjadi ajang unjuk perkembangan teknologi otomotif terkini, bukan hanya untuk berjualan.

“Keinginan kami menjadikan GIIAS platform taknologi sudah dibaca oleh peserta. Teknologi yang diperlihatkan semakin banyak dalam pameran dan kami juga memberi insentif bagi yang membawa teknologi terkini mereka di pameran,” tutup Agus. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar