50 Suzuki Jimny akan Dirakit di India di 2021, Peluang Indonesia Tertutup?

Berita Otomotif

50 Suzuki Jimny akan Dirakit di India di 2021, Peluang Indonesia Tertutup?

NEW DELHI - Maruti Suzuki segera memulai perakitan Jimny di India dan hasilnya akan mulai dikenalkan tahun depan. Apakah peluang Suzuki di Indonesia untuk merakit Jimny tertutup?

Rencananya Maruti Suzuki akan merakit 50 unit Suzuki Jimny tiga pintu di pabrik mereka yang terletak di Gurugram, India. Seluruh komponen kendaraan rencananya diimpor langsung dari Jepang dan perakitan Suzuki Jimny akan memanfaatkan lajur yang dulu digunakan untuk memproduksi Suzuki Gypsy.

Nantinya, India akan menjadi salah satu pusat produksi Suzuki Jimny tiga pintu untuk keperluan eskpor. Sementara itu, Maruti Suzuki akan meluncurkan Suzuki Jimny lima pintu untuk keperluan domestik.

Keputusan ini dilakukan karena Maruti Suzuki menilai bahwa Jimny tiga pintu tidak akan mendapat respon sebaik Jimny lima pintu. Mereka menilai, Suzuki Jimny lima pintu merupakan kendaraan yang lebih tepat untuk menjawab kebutuhan pasar di India, meski perlu tambahan waktu guna melakukan pengembangan.

Suzuki Indonesia Menolak Berkomentar

Suzuki Jimny
Sementara itu, Suzuki Indonesia menolak berkomentara terkait rencana Maruti Suzuki untuk merakit Jimny. Mereka menegaskan bahwa hingga saat ini principal Suzuki masih belum resmi untuk menunjuk salah satu negara di luar Jepang untuk memproduksi Jimny.

“Kami belum bisa menjawab, karena belum ada pembahasan lebih detail dengan principal terkait hal tersebut. Meski demikian kami menegaskan bahwa Suzuki Indonesia masih berusaha untuk dapat merakit Jimny di Tanah Air,” tegas Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Ia pun menambahkan bahwa untuk memproduksi sebuah kendaraan, Suzuki akan mempertimbangkan banyak faktor. Hal ini tentunya penting untuk kelangsungan Suzuki di negara tersebut.

“Suzuki adalah perusahaan global jadi harus mempertimbangkan banyak hal seperti nilai ekonomis, hubungan negara dan lain-lain baik secara regional maupun global. Tapi keputusan akhir semua berada di tangan principal di Jepang,” tegasnya kemudian.

Suzuki Jimny telah diluncurkan di Indonesia sejak 2019. Mobil tersebut pun mendapatkan respon yang sangat baik hingga waktu indent kendaraan pun menjadi sangat lama. Bahkan saat berita ini dibuat, waktu indent Suzuki Jimny sudah mencapai lebih dari 5 tahun. Dan saking langkanya barang, Suzuki Jimny generasi keempat dalam kondisi bekas dijual lebih dari Rp 500 juta atau lebih dari Rp 100 juta lebih mahal dari barunya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar