Inden Suzuki Jimny di Indonesia Masih Lebih dari 5 Tahun

Berita Otomotif

Inden Suzuki Jimny di Indonesia Masih Lebih dari 5 Tahun

JAKARTA – Inden Suzuki Jimny di Indonesia, setelah setahun meluncur, ternyata masih luar biasa panjang. Para pemesan masih harus bersabar sampai bertahun – tahun lamanya.

Donny Saputra selaku Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan inden jimny masih amat panjang, khususnya untuk dealer resmi yang berada kota-kota besar atau pun di lokasi strategis. Contohnya saja dealer yang berlokasi di daerah-daerah elite Ibu Kota DKI Jakarta.

“Alhamdulillah (inden Jimny) panjang. Beberapa dealer besar yang lokasi bagus seperti Kelapa Gading dan Pondok Indah indennya lebih lama dari yang (ada di lokasi) biasa saja. Kira-kira sampai lima tahun ke atas. Masih panjang,” ucap dia dalam diskusi virtual Forum Wartawan Otomotif (Forwot) pada akhir September 2020.

Sekadar mengingatkan, Jimny generasi terbaru menjalani debut global pada Juli 2018. Sport utility vehicle (SUV) ikonik serta legendaris Suzuki tersebut kemudian resmi mengaspal di Indonesia pada Juli 2019.


Seremoni peluncuran digelar dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Serpong, Tangerang.

Jimny sementara ini hanya dirakit di Jepang dengan kapasitas produksi 50 – 55 ribu unit per tahun. Volume itu tidak bisa memenuhi permintaan global, sehingga indennya mengular di banyak negara.

Inden Jimny yang bisa mencapai lebih dari lima tahun mungkin terdengar amat lama. Namun, pada Desember 2019, indennya lebih gila lagi karena dapat menyentuh 20 tahun di dealer-dealer tertentu.

Pemesanan Jimny sebenarnya sudah ditutup secara resmi sejak kuartal ketiga 2019. Namun, masih ada konsumen yang nekat mengantre dan SIS pun menyerahkan kembali keputusan akhir kepada dealer bersangkutan.


“Jadi, dari September tahun lalu kami sudah bilang bahwa kami tutup keran untuk tambahan pemesanan lain lagi. Sampai sekarang pun kami belum buka lagi, lho,” tegas Donny.

Suzuki Indonesia dan India sendiri saat ini sedang bersaing untuk bisa memproduksi lokal Jimny, karena pasarnya yang menggiurkan. Belum lama ini, media-media otomotif dari ‘Negeri Hindustan’ mengklaim Suzuki India berhasil memenangkan pertarungan tersebut, tapi Suzuki Indonesia belum mau mengakuinya karena belum ada pengumuman resmi dari Suzuki Motor Corporation Jepang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar