Suzuki Indonesia Beri Bocoran Soal Produk Masa Depannya

Berita Otomotif

Suzuki Indonesia Beri Bocoran Soal Produk Masa Depannya

BOGOR – Suzuki sedikit membeberkan rencana produk untuk pasar Indonesia pada masa depan, dengan mengatakan bahwa mereka akan makin memperkuat model-model compact mereka di sini.

General Manager Strategic Planning PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Ryohei Uchiki mengatakan bahwa pihaknya bakal melanjutkan peluncuran model-model compact di Indonesia. Tujuannya adalah untuk makin memperkuat lini mobil compact Suzuki yang saat ini sudah cukup beragam di pasar otomotif Tanah Air.

“Kami sudah meluncurkan model-model compact di Indonesia dan itu akan berlanjut. Tapi, apa model baru yang diluncurkan, apakah itu menambah atau memperbarui model yang sudah ada sekarang, maaf saya tak bisa bilang,” papar Uchiki akhir pekan lalu di Bogor, Jawa Barat.

Pabrikan asal Jepang ini sendiri dalam beberapa tahun terakhir rutin meluncurkan mobil-mobil kecil baru, diawali dengan menghadirkan kembali Karimun Wagon R pada 2013 di segmen low cost green car (LCGC). Sempat memberhentikan penjualan city car Splash pada 2016, Suzuki kemudian menghadirkan sport utility vehicle (SUV) kecil SX4 S-Cross pada Agustus tahun tersebut.

City car Ignis menyusul kemudian pada April 2017. Baleno hatchback lalu diluncurkan pada Agustus tahun yang sama.

“Suzuki sendiri sangat kuat model-model compact-nya di dunia, seperti di Jepang dan di India. Kami kuat di situ,” ujar Uchiki lagi.

Kini, Karimun Wagon R, Ignis, maupun Baleno hatchback turut menjadi tiga model andalan Suzuki di Indonesia. Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari – April 2018 menunjukkan dari distribusi 40.860 unit, sebanyak 8.803 unit atau 21,54 persen di antaranya disumbangkan ketiganya.

Jika dirincikan, Ignis laku 4.795 unit. Adapun Baleno hatchback dikirimkan sebanyak 2.427 unit.

Karimun Wagon R disuplai 1.581 unit. SX4 S-Cross, di sisi lain, terbilang sedikit transaksi jual-belinya dengan volume 866 unit. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual