Suzuki Kembali Sponsori Turnamen Sepakbola Negara-Negara ASEAN

Berita Otomotif

Suzuki Kembali Sponsori Turnamen Sepakbola Negara-Negara ASEAN

JAKARTA - Suzuki Kembali atau untuk keenam kalinya menjadi sponsor utama Piala Piala AFF (ASEAN Football Federation) atau AFF Suzuki Cup.

Turnamen sepakbola bergengsi antar negara Asean ini akan digelar pada 8 November sampai 10 Desember 2018. 10 negara akan bersaing untuk menjadi yang terbaik di wilayah Asia Tenggara.

Suzuki Motor Corporation (SMC) kembali menjadi sponsor utama pada turnamen yang telah 12 kali diselenggarakan ini. Dan melalui perwakilannya di Indonesia, Seiji Itayama, Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memaparkan bahwa tahun ini merupakan keenam kalinya Suzuki menjadi sponsor utama.

"Ini merupakan bukti komitmen kami dalam berkontribusi mendukung perkembangan sepakbola di ASEAN, khususnya di Indonesia. Kami juga berharap ini dapat menjadi motivasi para peserta AFF Suzuki Cup mempersiapkan kemampuannya untuk bersaing sehat sehingga dapat mengembalikan gelora AFF Suzuki Cup 2018  kepada masyarakat, terutama pendukung timnas Indonesia agar Indonesia bisa menjadi juara,” ujar Itayama pada sesi pengundian grup pertandingan yang berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta (2/5/2018).

Yang menarik dari turnamen kali ini adalah warna baru dalam pertandingan dengan perombakan sistem cukup signifikan. Panitia penyelenggara menerapkan sistem kandang dan tandang yang mulai berlaku pada babak penyisihan, sehingga seluruh negara peserta menjadi tuan rumah selama AFF Suzuki Cup 2018 berlangsung. 

Indonesia Tergabung Dalam Grup Maut

Dari hasil drawing, Indonesia berada di grup maut bersama Thailand, Philipina, Singapura serta 1 negara lainnya akan diisi pemenang partai kualifikasi antara Brunei Darusallam dengan Timor Leste. Seperti kita ketahui Thailand adalah negara paling dominan di kejuaran ini dengan prestasi juara 5 kali disusul Singapura 4 kali.

Sementara Philipina dengan beberapa pemain naturalisasinya belakangan cukup merepotkan tim negara-negara Asean. 

Di grup lainnya terdapat 5 negara yakni Vietnam, Malaysia, Myanmar, Kamboja dan Laos. Vietnam dan Malaysia praktis menjadi 2 negara dengan kandidat kuat untuk lolos ke babak selanjutnya.

Setelah penyisihan grup kemudian dilanjutkan fase knock out. Dua tim terbaik dari grup masing-masing akan maju ke semifinal dan memainkan dua babak kandang-tandang sampai partai final. 

Yang menarik Donny Ismi Saputra, Direktur Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memiliki prediksi dan komentar menarik dari hasil pengundian ini, terutama saat mengetahui Indonesia berada di grup maut. Pria ramah ini menyebutkan justru semakin besar tantangan, jika juara akan menjadi luar biasa.

"Semakin sulit lawan yang dihadapi dan menang tentunya memberi kenikmatan luar biasa. Dan saya yakin tiap tahun kualitas permainan Tim Nasional Indonesia makin baik. Meski belum pernah menjadi juara, saya yakin tahun ini kita bisa meraih yang terbaik," jelas Donny.

Donny juga menambahkan bahwa kontribusi Suzuki Indonesia sendiri tergolong besar untuk turnamen ini. Yakni dengan memberikan dorongan kuat pada SMC untuk menjadi sponsor utama event sepakbola yang sangat populer di Asean.

"Masukan kami pada prinsipal adalah tolong kembali support turnamen AFF karena ini merupakan event regional yang memiliki impact international," jelas Donny.

SIS sendiri akan memiliki beragam program yang mengiringi AFF Suzuki Cup 2018. Tidak hanya hadiah menarik bagi pemain Indonesia yang berprestasi, namun juga bagi para konsumen di Tanah Air.

"Sama seperti turnamen sebelumnya, kami menyiapkan beragam program bertepatan dengan penyelenggaraan turnamen ini. Detailnya akan segera kami kabarkan," jelas Donny. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar