Modifikator China Sulap Jimny Jadi Mercedes G-Class

Berita Otomotif

Modifikator China Sulap Jimny Jadi Mercedes G-Class

BEIJING - Untuk kedua kalinya, Suzuki Jimny generasi terbaru berhasil dibuat mirip Mercedes-Benz G-Class. Kali ini ‘pelakunya’ adalah modifikator China.

Sebelum ini, rumah desain asal London bernama The Chelsea Truck Company mengutak-atiknya hingga menjadi mirip antara G-Class dan Land Rover Defender. Modifikator lain sepertinya tak mau ketinggalan.

Foto-foto dari Jimny mirip G-Class hasil kreasi modifikator ‘Negeri Tirai Bambu’ sendiri pertama kali muncul di situs GTBoard.com. Ia kembali disebut-sebut sebagai ‘G-Class mini’.

Bukan cuma klaim, penampakannya memang serupa dengan off-road car ikonik mahakarya Mercedes tersebut. Kemiripan-kemiripan itu bisa terlihat antara lain grille depan vertikal dengan kisi-kisi cukup besar, lampu depan LED bulat yang lebih mirip G-Class, hingga bull bar dengan bentuk identik dengan milik G-Class.

Lampu berbentuk bulat sebenarnya merupakan ciri khas Jimy saat pertama kali hadir di pasar pada 1970-an. Bentuknya sempat berubah, tapi kembali lagi seperti semula di All-New Jimny yang meluncur perdana di Jepang pada tahun lalu.

Tak berhenti sampai di sana, modifikator China yang tak disebutkan identitasnya itu mencopot knalpot standar dan menggantinya dengan knalpot kembar berdesain mirip seperti kepunyaan G63 AMG. Akan tetapi, sang modifikator tetap memberikan logo Suzuki di grille depan sehingga orang-orang yang melihatnya dari sisi muka pasti akan menyadari bahwa mobil ini bukanlah G-Class sesungguhnya. Apalagi, huruf ‘S’ khas Suzuki yang berada dalam lingkaran itu berukuran cukup besar (malah terlalu besar menurut Mobil123.com).

Logo Suzuki juga terdapat pada penutup ban cadangan plus. Di sisi kiri pintu belakang pun masih terdapat tulisan ‘Suzuki’, disertai oleh tulisan ‘Jimny’ pada bagian kanannya.

Setelah mengaspal di negara asalnya dan di beberapa negara lain seperti Inggris dan Thailand, Jimny pun rencananya bakal meluncur di Indonesia. Sayang, waktunya masih dirahasiakan, tapi surat resmi PT. Suzuki Indomobil Sales kepada dealer mengenai model ini sempat bocor ke media massa belum lama ini dan memperlihatkan harga jualnya kelak. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support