Uji Akselerasi Suzuki Jimny Manual vs Otomatis, Ini Hasilnya

Berita Otomotif

Uji Akselerasi Suzuki Jimny Manual vs Otomatis, Ini Hasilnya

CANBERRA - Suzuki Jimny generasi terbaru menjalani pengujian akselerasi, baik yang transmisi manual maupun otomatis, dan tentu saja girboks jenis pertama lebih cepat. Selisihnya mencapai lebih dari 3 detik untuk 0 - 100 km/jam.

All-New Jimny adalah model terbaru Suzuki yang paling dinanti di Indonesia. Dan rencananya PT Suzuki Indomobil Indonesia (SIS) sudah memastikan akan meluncurkannya pada Juli 2019, bertepatan dengan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Bocoran harganya adalah Rp 315 - 330 juta dan Suzuki memastikan model tersebut kelak dirakit di sini.

Salah satu negara yang sudah mendapatkannya terlebih dahulu adalah Australia dan sudah ada pihak yang melakukan test drive mendalam. Pada 13 Mei kemarin, video pengujian akselerasi Jimny terbaru di ‘Negeri Kangguru’ bahkan diunggah ke akun YouTube PerformanceDrive.

Patut ditekankan bahwa unit yang dites merupakan spesifikasi untuk negara tetangga Indonesia tersebut, yang bisa saja memiliki perbedaan dengan spesifikasi di Indonesia kelak baik dari sisi teknis, produksi tenaga maupun aksesoris. Di sana, Jimny menggunakan mesin 1.5-liter naturally aspirated 4 silinder berdaya 101 hp dengan torsi 130 Nm.

Tenaga disalurkan kepada empat roda melalui girboks lima percepatan manual atau empat percepatan otomatis.

PerformanceDrive menggunakan alat khusus untuk mengetes berbagai aspek. Di antaranya akselerasi 0-60 km/jam, 0-100 km/jam, hingga 60-110 km/jam.

Menurut pengetesan mereka, akselerasi 0-60 km/jam membutuhkan waktu 5,42 detik untuk transmisi manual, sedangkan transmisi otomatis memerlukan 6,19 detik. Adapun untuk 0-100 km/jam, catatan yang didapat adalah 12,02 detik (transmisi manual) versus 15,15 detik (transmisi otomatis).

Kemampuan lari 60-110 km/jam sendiri ialah 8,89 detik (manual) kontra 12,29 detik (otomatis).

PerformanceDrive pun mencaritahu jarak pengereman 100-0 km/jam sampai waktu yang dibutuhkan. Hasilnya adalah 3,94 detik dengan jarak 50,17 m (otomatis).

Tak berhenti sampai di sana, ada pengujian mengenai tingkat kebisingan pada dua transmisi otomatis. Tentu saja, proses plus ‘rapor’ lengkapnya dapat Anda lihat pada video yang Mobil123.com lampirkan pada artikel ini. Selamat menikmati. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support