Suzuki Ertiga Stok Lama Didiskon Rp 40 Juta

Berita Otomotif

Suzuki Ertiga Stok Lama Didiskon Rp 40 Juta

JAKARTA – Dealer Suzuki kini sedang menghabiskan stok Suzuki Ertiga generasi saat ini sebelum model barunya meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 pada 19-29 April mendatang di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Seorang tenaga penjual dealer Suzuki di Jakarta Barat, kepada Mobil123.com mengaku bahwa stok Ertiga ‘lama’ masih cukup banyak. Karena itu, saat ini pihaknya melakukan diskon dalam jumlah besar.

“Diskonnya sekarang Rp 31 juta. Kalau sudah keluar model barunya nanti, diskonnya makin naik. Bisa sampai Rp 40 juta,” tandasnya.

Menurut dia, diskon Ertiga ‘lama’ yang saat ini masih di kisaran Rp 30 juta akan makin ditambah setelah Ertiga terbaru yang harganya lebih mahal sekitar Rp 4 juta dan sedianya meluncur 19 April mendatang. Puncaknya kemungkinan Mei mendatang dengan potongan harga hingga Rp 40 juta.

“Stok Ertiga masih banyak. Setelah peluncuran, akan dilakukan ‘cuci gudang’,” tandas dia.

Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Sahputra, saat dimintai konfirmasi, masih menutup rapat-rapat segala informasi soal Ertiga baru.

Ertiga merupakan kendaraan di kelas low multi purpose vehicle (LMPV). Di kelas ini, berkumpul mobil-mobil seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio. Nissan Grand Livina.

Persaingan di LMPV makin keras setelah muncul dua pemain baru, Mitsubishi Xpander plus Wuling Confero, pada Agustus 2017. Xpander, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dua bulan pertama 2018, bahkan melewati pencapaian Avanza untuk penjualan wholesales.

Dengan penambahan dua pemain  anyar, pasar LMPV pada Januari-Februari 2018 sendiri secara total ialah 48.206 unit. Angka tersebut naik 7,7 persen jika dibandingan dengan periode yang sama tahun sebelumnya atau year on year. Pada 2017, pasar LMPV berjumlah 44.760 unit.

Xpander memimpin berkat wholesales 14.479 unit. Avanza berada di peringkat kedua dengan volume 14.316 unit, turun 36,62 persen year on year.

Adapun wholesales Ertiga ialah 7.466 unit. Distribusi model ini ke pasar naik 42,02 persen year on year. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support