Suzuki Carry Lawas ini Bangkit dari Kubur, Tampil Bergaya Militer

Berita Otomotif

Suzuki Carry Lawas ini Bangkit dari Kubur, Tampil Bergaya Militer

NEW DELHI - Suzuki Carry lawas ini dibangun kembali menjadi sebuah mobil bergaya militer yang tampak siap tempur dan menjelajah.

Hampir semua dari Anda tentu mengenal Suzuki Carry. Minibus atau van imut legendaris ini cukup populer di Indonesia di era tahun 80-an hingga saat ini terutama versi pick-up.

Bagai membangkitkan kenangan lama atau sebuah nostalgia, baru-baru  Holy Shift Garage, rumah modifikasi di India berhasil membangun kembali mobil yang di sana dikenal dengan nama Suzuki Omni. Jika melihat tampilannya, Carry yang dibangun ini merupakan model tahun 80-an.

Disebutkan bahwa van mungil ini sejatinya sudah teronggok menjadi besi tua rongsokkan serta siap dihancurkan atau didaur ulang. Namun, dengan mesin yang juga rusak, builder atau para modifikator melakukan langkah penyelamatan. 

Langkah awal yang mereka lakukan tentu "menelanjangi" alias melucuti satu persatu part menempel di bodi dan kemudian melakukan beragam ubahan. Mulai dari mengganti jendela belakang kiri-kanan, memasang roll cage dan roof rack juga menyematkan  ban off-road Maxxis Trepador berikut memperkuat sistem suspensinya.


Para modifikator juga menambahkan roof rack kedua yang bisa digunakan untuk menggangkut sepedamotor, bull bar besar, skid plate hingga 6 lampu tambahan di depan. Selanjutnya melabur warna abu-abu doff yang di Indonesia menjadi warna khas kendaraan Angkatan Laut.

Sementara pada bagian sumber tenaga, para modifikator menggunakan mesin, transmisi berikut diferensial gear milik Maruti Gypsy alias Suzuki Jimny SJ40. Mesin sendiri memiliki kapasitas 1.0-liter bertenaga 45 hp.


Para modifikator Holy Shift Garage kemudian menamakan mobil hasil karyanya ini dengan Maruti Gymni (gabungan dari Gypsy dan Omni). Dan sepertinya siap membawa Maruti Gymni menjelajah ke pedalaman di wilayah India.

Lalu bagaimana menurut Anda tampilan Maruti Gymni ini ? Apakah mampu membangkitkan nostaligia atau mungkin terinspirasi untuk memodifikasi Suzuki Carry lawas ?. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar