SUV Listrik Pertama Jaguar Langsung Dapat Lima Bintang Euro NCAP

Berita Otomotif

SUV Listrik Pertama Jaguar Langsung Dapat Lima Bintang Euro NCAP

LONDON – I-Pace, sport utility vehicle (SUV) listrik Jaguar mendapat rating tertinggi dari lembaga pengujian keamanan kendaraan Euro NCAP.

Jaguar Land Rover, melalui keterangan resmi yang diterima Mobil123.com pada Kamis (10/1/2019) sore, mengumumkan pencapaian lima bintang Euro NCAP yang didapat oleh I-Pace. Dengan demikian, I-Pace dipercaya sebagai salah satu mobil teraman di ‘Benua Biru’.

SUV listrik pertama Jaguar itu mencatatkan skor tinggi di semua kategori keselamatan utama. I-Pace mencetak 91 persen untuk perlindungan penumpang dewasa, 81 persen untuk perlindungan penumpang anak, 81 persen pada bagian bantuan keamanan, 73 persen pada kategori pejalan kaki yang rentan.

Poin maksimum diraih pada side barrier impact test (tes dampak penghalang samping) serta side pole test (ujian dampak tiang samping).

Dengan hasil ini, seluruh SUV Jaguar yang berjumlah tiga model berhasil meraih lima bintang Euro NCAP. Sebelum I-Pace, F-Pace plus E-Pace sudah membukukan prestasi sama.

Secara keseluruhan, sudah ada 10 model Jaguar Land Rover yang mendapat lima bintang Euro NCAP.

“Jaguar I-Pace telah menerima berbagai penghargaan untuk desain, performa dan pengendaliannya. Penghargaan terbaru dari Euro NCAP ini menyoroti standar keselamatan luar biasa I-Pace. SUV ini direkayasa secara ahli dengan struktur bodi aluminium ringan dan paket baterai terintegrasi untuk memberikan perlindungan kecelakaan tak tertandingi bagi penumpangnya. Keselamatan adalah prioritas terbesar kami dan kami memang sangat senang melihat hasil Euro NCAP mencerminkan hal ini,” ucap Simon Black, Senior Project Leader, Body Engineering Jaguar Land Rover.

I-Pace berlimpah fitur keselamatan canggih. Untuk pejalan kaki, SUV nihil emisi gas buang tersebut punya Pedestrian Deployable Bonnet System (kap yang buka untuk meringankan dampak tabrakan).

Fitur lainnya adalah Autonomous Emergency Braking with Pedestrian and Cyclist Detection (Pengereman Darurat Otomatis dengan Pendeteksi Pejalan Kaki dan Pesepeda). Jaguar juga merancang Audible Vehicle Alert System atau Sistem Peringatan Kendaraan dengan Suara (AVAS).

Fitur itu memperingatkan pengguna jalan ketika kendaraan mendekat dan dapat didengar pada kecepatan hingga 20km/jam sehingga melebihi minimum 56dB(A) yang dipersyaratkan dalam undang-undang Eropa terbaru. Sistem diuji bersama dengan anggota Guide Dogs for the Blind (Anjing Pemandu Untuk Kaum Tunanetra), lembaga amal terkemuka di Inggris bagi orang-orang yang terkena kehilangan penglihatan.

Selain semua teknologi keselamatan tersebut, SUV berperforma tinggi ini menawarkan rangkaian lengkap sistem bantuan pengemudi canggih, termasuk Adaptive Cruise Control with Steering Assist, Blind Spot Assist, sampai 360° Parking Aid.

Distributor Jaguar Land Rover di Indonesia sangat tertarik memasarkan I-Pace di Indonesia, tapi menantikan terlebih dahulu detail insentif pajak dalam regulasi low carbon emission vehicle (LCEV) untuk melihat seberapa besar peluangnya. Mereka juga sempat ingin memamerkan I-Pace pada akhir 2018, tapi batal tanpa menyebut alasannya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support