Pandemi, Orang Kaya Indonesia Tetap Mau Beli Mobil Langka

Berita Otomotif

Pandemi, Orang Kaya Indonesia Tetap Mau Beli Mobil Langka

JAKARTA – Pandemi virus Corona (Covid-19) juga mempengaruhi segmen mobil premium di Indonesia. Para konsumen di segmen ini baru mau merogoh kocek antara lain karena ada model yang unik, terbatas, atau langka.

William Tjandra, Presiden Direktur TDA Luxury Toys, mengatakan penjualan mereka sebagai dealer yang khusus menjual mobil – mobil mewah juga terimbas oleh pandemi. Akan tetapi, ia tidak menyebutkan secara spesifik angkanya.

Menurut dia, orang – orang kaya Indonesia pun kini juga menahan pembelian mobil. Salah satu pemicu mereka mengeluarkan uangnya di sektor otomotif adalah kehadiran mobil – mobil yang unik, langka, atau terbatas.

“Mobil yang limited (terbatas) itu cenderung harganya naik karena harga itu, kan, ditentukan oleh demand (permintaan) dan suplai,” ucap dia menjelaskan alasannya, dalam wawancara usai seremoni pengenalan TDA Luxury Toys sebagai dealer resmi merek mobil BAC di Indonesia, Rabu (9/12/2020) di Jakarta.


Oleh karena itu pula BAC, lanjut William, menjadi salah satu strategi TDA Luxury Toys di masa pandemi. Merek asal Inggris ini ia sebut unik dan terbatas.

Sebagai informasi, BAC atau Briggs Automotive Company adalah pabrikan mobil yang berdiri pada 2009. Dua tahun setelah itu, mereka merilis Mono One, kendaraan tubular dengan tampang serupa mobil – mobil Formula dan performa luar biasa, tapi legal untuk dikemudikan di jalan raya.

Kemudian, pada 2019, BAC lanjut merilis penerus Mono One yang bernama Mono R. Konsepnya masih sama, hanya saja kemampuannya lebih disempurnakan lagi.


BAC bukan satu – satunya ‘senjata’ TDA Luxury Toys di masa pandemi. Mulai awal 2021, mereka juga akan menjadi dealer resmi bagi dua merek mobil yang kesohor di kalangan para pehobi maupun kolektor.

“Kami berusaha semaksimal mungkin agar bisa lebih spesifik dengan apa yang kami kerjakan,” tegas dia.

Merek pertama yang ia maksud adalah Morgan. Adapun merek kedua ialah Jeep.

“Di 2021, ada dua merek lagi yang join (bergabung) di kami. Jeep dan Morgan. Ini adalah merek spesifik dan khusus. Jika BAC adalah adrenaline cars (mobil yang memacu adrenalin), Morgan lebih ke model – model berdesain klasik,” papar dia.


Model – model baru pun amat berguna mendorong penjualan merek mobil premium di masa pandemi. Ini pernah dikatakan oleh BMW Indonesia yang menjadi nomor satu di segmen mobil mewah selama Januari – Oktober kemarin antara lain berkat 20 model anyar--banyak pula di antaranya edisi terbatas--yang mereka luncurkan pada 2020. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar