Ini 5 Mobil Termahal Dunia yang Harganya Bikin Jiwa Miskin Meronta

Berita Otomotif

Ini 5 Mobil Termahal Dunia yang Harganya Bikin Jiwa Miskin Meronta

JAKARTA – Bagi sebagian kecil orang di muka bumi, membeli mobil termahaldunia bukanlah sebuah masalah. Padahal, harga dari mobil-mobil tersebut di mencapai hingga ratusan miliar rupiah.

Daftar mobil termahal dunia diisi oleh merek-merek Eropa, khususnya yang memiliki spesialisasi di bidang supercar atau hypercar. Tapi ada pula merek yang mempunyai keahlian membuat sedan mewah dengan personalisasi tingkat tinggi.

Berikut ini kami sajikan daftar 5 mobil termahal dunia, berdasarkan laporan Motor1 pada Maret 2020 yang masih relevan hingga sekarang:

  1. Bugatti La Voiture Noire
    mobil termahal dunia
    Posisi nomor wahid sampai detik ini ditempati oleh Bugatti La Voiture Noire. Hypercar yang menjalani debut global dalam Geneva Motor Show 2019 itu berbanderol USD 12,5 juta (Rp 185,53 miliar, 1 USD = Rp 14.842,50) off-the-road alias sebelum pajak.
    Dengan pajak, harganya bisa membubung tinggi sampai USD 18,7 juta, atau sekitar Rp 277,55 miliar. La Voiture Noire merupakan interpretasi modern dari Type 57 SC Atlantic dan menyandang mesin sama dengan Bugatti Chiron yakni quad-turbo 8.0-liter W16 berdaya 1.479 hp plus torsi 1.600 Nm.
     
  2. Rolls-Royce Sweptail
    mobil termahal di dunia
    Sweptail dibuat sebagai mobil one-off, alias hanya ada satu unit di seluruh dunia. Penampakan perdana globalnya terjadi tiga tahun lalu, dalam Concorso d'Eleganza Villa d'Este 2017.
    Sedan ini sempat memegang status sebagai mobil termahal dunia selama dua tahun, sebelum dipaksa turun takhta oleh La Voiture Noire. Isu yang beredar menyebut banderolnya mencapai USD 12,8 juta (Rp 189,98 miliar). Seperti biasa, Rolls-Royce, pabrikan otomotif asal Inggris, tidak bersedia mengonfirmasi atau membantahnya.
     
  3. Bugatti Centodieci
    mobil termahal
    Bugatti menempatkan lagi wakil di deretan atas mobil termahal dunia, yaitu Centodieci. Hypercar satu ini diperkenalkan perdana dalam Pebble Beach 2019.
    Pabrikan asal Prancis tersebut membuat Centodieci dalam jumlah terbatas, yaitu hanya 10 unit. Mobil ini adalah interpretasi modern dari EB110 dan dihadirkan untuk memperingati ulang tahun ke-110 Bugatti. Adapun banderolnya ialah USD 9 juta (Rp 133,58 miliar).
     
  4. Mercedes-Maybach Exelero
    mobil super mahal
    Peringkat keempat ditempati oleh model yang sudah eksis sejak 2004 yaitu Mercedes-Maybach Exelero. Mercedes membangun Exelero di atas platform Maybach dan memberinya mesin TwinTurbo V12 dengan gelontoran tenaga 690 hp serta 1.020 Nm.
    Hanya ada satu unit Exelero di seluruh dunia. Mobil dengan kecepatan puncak 350 km per jam ini berharga USD 8 juta (Rp 118,74 miliar).
     
  5. Bugatti Divo
    mobil mahal
    Divo merupakan wakil ketiga Bugatti di posisi lima besar. Hanya ada 40 unit di seluruh dunia dengan banderol USD 5,8 juta (Rp 86,08 miliar).
    Divo dibangun di atas platform Chiron tapi dibuat lebih ringan dari sisi bodi serta ban, juga lebih aerodinamis. Hasilnya, dengan mesin yang bertenaga sama (1.500 hp), Divo membukukan waktu lebih cepat 8 detik ketika dites di trek Nardo di Italia.

Dari lima mobil termahal dunia di atas, mana yang menjadi favorit Anda? Jangan-jangan Anda punya pilihan sendiri. [Xan/Idr]

 



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar