Stok di Dealer Tak Menumpuk Lagi, Daihatsu Mulai Geber Produksi

Berita Otomotif

Stok di Dealer Tak Menumpuk Lagi, Daihatsu Mulai Geber Produksi

JAKARTA – Daihatsu mulai menggeber lagi produksi mobil di Indonesia setelah aktivitas perakitan sempat terhenti karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) plus menumpuknya stok di dealer akibat pandemi virus Corona (Covid-19).

Pabrikan asal Jepang tersebut, melalui keterangan resmi pada Selasa (4/8/2020), mengumumkan dimulainya produksi 2 shift (giliran kerja) mulai awal Agustus ini dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Kebijakan tersebut berlaku di pabrik Daihatsu Sunter, Jakarta maupun Karawang, Jawa Barat.

Penyebabnya adalah stok unit di jaringan penjualan yang semakin menipis. Ini terjadi berkat pelonggaran PSBB sejak awal Juni plus dibukanya aktivitas perekonomian secara bertahap, sehingga pasar otomotif mulai bergerak dan menunjukkan tren peningkatan sedikit demi sedikit.

“Kami bersyukur, pasar mobil mulai menunjukkan peningkatan. Daihatsu berharap kondisi perekonomian Indonesia akan terus bergairah dan meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga memberikan dampak positif pada pasar mobil Indonesia,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam pernyataan pers.

Sekadar mengingatkan, pandemi diketahui publik masuk ke Nusantara sejak Maret kemarin. Pasar otomotif pun anjlok luar biasa khususnya di sepanjang kuartal kedua 2020 sehingga menyebabkan stok di dealer-dealer menggunung.

Hal ini, ditambah lagi dengan kebijakan PSBB di berbagai daerah mulai April, membuat pabrik-pabrik mobil terpaksa menghentikan sementara kegiatan operasional mereka. Daihatsu sendiri baru memulai kembali perakitan mobil pada Juni untuk pasar ekspor, kemudian dilanjutkan dengan produksi untuk pasar domestik per Juli.

Dari implementasi penerapan 2 shift produksi, Daihatsu berekspektasi hasil produksi mobil sepanjang Agustus akan meningkat 4 kali lipat dibandingkan dengan hasil produksi sebulan sebelumnya. Semua pemasok komponen disebut siap mendukung peningkatn produksi dengan komitmen penerapan protokol kesehatan.

Berdasarkan data Gaikindo, performa pasar mobil baru di Tanah Air pada paruh pertama 2020 secara keseluruhan adalah 260.993 unit secara wholesales (dari pabrikan ke dealer). Angkanya turun 46 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year).

Sementara itu, dari sisi retail (dari dealer ke konsumen), pencapaian pasar adalah 290.597 unit. Volume tersebut merosot 42,1 persen year on year. Gaikindo menargetkan capaian pasar roda empat secara total hanya 600 ribu unit pada akhir tahun nanti dengan kemungkinan revisi untuk yang kedua kalinya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar