Sistem Transportasi DKI Diakui Dunia, Jubir Presiden Singgung Jasa Jokowi-Ahok

Berita Otomotif

Sistem Transportasi DKI Diakui Dunia, Jubir Presiden Singgung Jasa Jokowi-Ahok

JAKARTA – Sistem transportasi di DKI Jakarta mendapatkan penghargaan bertaraf internasional yaitu Sustainable Transport Award (STA) 2021. Beberapa jam setelah prestasi itu diumumkan, Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman menyinggung jasa Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam membangun Ibu Kota.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi—sapaan akrab Joko Widodo—pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta bersama dengan Ahok sebagai Wakil Gubernur berkat kemenangan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) periode 2012 - 2017. Namun, sebelum menuntaskan masa jabatannya, Jokowi maju dalam Pemilihan Umum Presiden periode 2014 - 2019 dan menang.

Perannya di Ibu Kota pun digantikan oleh Ahok hingga ia dikalahkan oleh Anies Baswedan pada Pilkada periode 2017 - 2022. Jokowi, di sisi lain, kembali memenangi Pemilu Presiden periode 2019 – 2024.

Di bawah Anies Baswedan, sistem transportasi DKI mendapatkan anugerah STA 2021. Penghargaan ini, seperti dijelaskan dalam akun Facebook resmi Pemprov DKI pada Sabtu (31/10/2020), didapat berkat program integrasi antarmoda transportasi publik yang terus mereka kembangkan.


“Diumumkan pada konferensi transport internasional, MOBILIZE 2020 semalam (Jumat) 30 Oktober 2020. Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan STA mengalahkan kota - kota besar dunia, setelah pada tahun lalu menduduki peringkat kedua atau mendapat gelar 'Honorable Mention',” papar Pemprov DKI.

Ibu Kota Indonesia ini mengalahkan kota-kota di Amerika Serikat, Eropa, maupun Amerika Latin. Di antaranya ialah Frankfurt, San Fransisco, Moscow, Buenos Aires, Bogota, Sao Paulo.


Ada tiga indikator yang dinilai dalam STA 2021. Berikut ini rinciannya:

  • Inovasi dan Peningkatan Mutu Transportasi
  • Mobilitas Transportasi Kota dan Upaya Pengurangan Polusi Udara
  • Ketersediaan Akses Pesepeda dan Pejalan Kaki dalam 1,5 Tahun Terakhir

Fadjroel sebagai Jubir Kepresidenan kemudian bereaksi dengan menyebut adanya jasa Jokowi-Ahok hingga akhirnya sistem transportasi DKI Jakarta mendapatkan pengakuan dari dunia. Ia menyebut bahwa keduanya merupakan perintis dan Anies adalah pihak yang melanjutkan.


“Akhirnya semua pekerjaan transportasi publik yang DIRINTIS Presiden @jokowi & @basuki_btp dari #MRTJakarta #LRTJabodetabek #KeretaApiBandara #6TolDalamKota juga #TransJakarta Pak Sutiyoso mendapatkan penghargaan. Terima kasih @aniesbaswedan sudah melanjutkan,” tulis dia via akun Twitter @fadjroel. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar