Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Sinyal Peluncuran Mobil Hybrid Rakitan Lokal Baru Suzuki, Diduga XL7 Hybrid

Berita Otomotif

Sinyal Peluncuran Mobil Hybrid Rakitan Lokal Baru Suzuki, Diduga XL7 Hybrid

JAKARTA – Suzuki memberi ‘kode’ peluncuran mobil hybrid rakitan Indonesia pada 2023. Jika mengingat pernyataan pemerintah, diduga itu adalah Suzuki XL7 hybrid.

Merek asal Jepang tersebut sejauh ini punya dua model berteknologi elektrifikasi di Indonesia. Keduanya sama-sama mengusung sistem mild hybrid bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Pertama adalah Suzuki Ertiga hybrid yang meluncur pada 2022 sudah dirakit lokal. Adapun yang kedua ialah Suzuki Grand Vitara hybrid yang diperkenalkan pada Februari 2023 dan diimpor utuh dari India.

“Rencananya tahun ini kami akan memperkenalkan produk hybrid yang lain. Modelnya apa dan kapan, tunggu saja informasi lebih lanjut dari kami. Masih SHVS,” kata Marketing Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra usai Buka Puasa Bersama Media, 14 April 2023 di Pulogadung, Jakarta.

Suzuki Ertiga hybrid

Ketika didorong untuk memberikan informasi lebih lanjut, Donny memberikan sinyal bahwa mobil hybrid baru Suzuki selanjutnya pada 2023 merupakan rakitan lokal.

“Kan, fokus kami adalah untuk menjual produk yang kami produksi di sini. Itu merupakan salah satu petunjuk,” tandasnya.

Suzuki sendiri, sejak awal 2021, sudah diketahui bakal ‘menerjunkan’ XL7 hybrid pada 2023. Informasi tersebut datang dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sang pabrikan, hingga detik ini, tidak bersedia mengomentari pernyataan Agus.

mild hybrid SHVS Suzuki

Teknologi SHVS atau mild hybrid Suzuki mengandalkan perpaduan antara mesin konvensional, baterai lithium-ion berkapasitas kecil, serta Integrated Starter Generator (ISG).

Berkat baterainya yang berkapasitas relatif mungil, biaya produksi maupun harga jual mobil hybrid Suzuki saat ini bisa ditekan menjadi sangat terjangkau. Harganya bahkan dapat menyentuh para pembeli mobil pertama karena di bawah Rp300 juta.

SHVS disebut sebagai teknologi elektrifikasi Suzuki untuk tahap pertama karena keunggulannya dari sisi harga, sehingga mudah diadaptasi oleh lebih banyak konsumen.

“Kalau bicara mobil berteknologi elektrifikasi saat ini, kan, lebih ke arah additional car butyer (pembeli mobil tambahan). Kami maunya di tahap pertama teknologi elektrifikasi kami ini, nih, lebih ke pembeli mobil pertama,” papar Donny. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang