Simulasi Kredit Nissan Leaf, Segini DP dan Cicilannya Per Bulan

Berita Otomotif

Simulasi Kredit Nissan Leaf, Segini DP dan Cicilannya Per Bulan

JAKARTA – Dengan tenor kredit yang tergolong panjang pun, cicilan kredit mobil listrik Nissan Leaf masih membutuhkan dana ‘dua digit’ per bulan.

Leaf menjadi model terbaru yang akan meramaikan pasar mobil listrik Indonesia. Masa pre-bookingnya sudah dibuka oleh PT. Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI) sejak 2-17 Agustus 2021 mendatang.

Ada harga spesial selama periode tersebut. Khusus Leaf tipe Single Tone berbanderol Rp649 juta, sedangkan tipe Dual Tone Rp651 juta.

Keduanya merupakan harga on the road (OTR) Jakarta.

simulasi kredit mobil listrik Nissan Leaf

Harga tersebut masih belum bisa mengalahkan Hyundai Ioniq Electric sebagai mobil listrik murni termurah di Indonesia.

Berdasarkan penelusuran di situs resmi Hyundai Indonesia, tipe Ioniq Prime dijual Rp637 juta, sedangkan Ioniq Signature sebagai tipe tertinggi dihargai Rp677 juta OTR Jakarta.

Kredit Nissan Leaf

Sekarang, mari telusuri berapa uang yang mesti disiapkan peminat Nissan Leaf jika mau membelinya secara kredit.

Sebenarnya, saat ini ada kebijakan uang muka ringan hingga 0 persen dari harga jual yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk mobil listrik. Kendati begitu, mari kita tetap asumsikan bahwa perusahaan pembiayaan tetap meminta Total Down Payment (TDP/total uang muka) 25 persen dari konsumen untuk menjaga kualitas piutang yang mereka berikan.

Adapun asumsi tenor kredit yang diambil oleh konsumen ialah 5 tahun dengan jenis asuransi yang dipilih adalah Comprehensive.

Berdasarkan perhitungan di kalkulator simulasi kredit BCA Finance, TDP untuk Leaf Single Tone Rp235.554.000. Cicilan per bulan untuk Periode 1 Rp10.789.000, sementara untuk Periode 2 Rp11.052.000.

simulasi kredit mobil listrik Nissan Leaf

Adapun TDP Leaf Dual Tone Rp236.259.000. Angsurannya setiap bulan mencapai Rp10.882.000 pada Periode 1 dan Rp11.086.000 pada Periode 2.

“Rincian simulasi diatas bersifat estimasi dan tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan yang berlaku. Perhitungan diatas sudah termasuk biaya administrasi, fiducia, asuransi kendaraan serta credit protection. Untuk perhitungan detail, hubungi cabang BCA Finance atau Dealer terdekat,” tulis BCA Finance.

Seperti diketahui, pemerintah tidak hanya memberikan kemungkinan DP ringan bagi mobil listrik. Demi mendorong berkembangnya pasar dan industrinya, mulai 16 Oktober 2021 disiapkan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM).

Berbagai pemerintah daerah pun siap memberikan tarif Bea Balik Nama Kendaraan (BBN-KB) spesial. Contohnya adalah 0 persen di DKI Jakarta.

Ada pula banyak insentif bagi korporasi yang berinvestasi membangun pabrik mobil listrik maupun komponen-komponennya di dalam negeri. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar