Setelah Maung, Pindad Ciptakan Lagi Mobil 'Kekar' Bernama MV2 4x4

Berita Otomotif

Setelah Maung, Pindad Ciptakan Lagi Mobil 'Kekar' Bernama MV2 4x4

JAKARTA – Pindad memperkenalkan prototipe kendaraan yang diberi nama MV2 4x4. Berbeda dengan ‘sang kakak’ Maung, mobil purwarupa ini sejak awal pengembangan sudah dikonsepkan bisa dipakai untuk aktivitas non-militer.

MV2 4x4, seperti dijelaskan dalam situs resmi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut, diperkenalkan pada Senin (2/8/2021) kemarin, di Lapangan Gd. 100 Divisi Kendaraan Khusus.

Kendaraan ini masih dalam prototipe awal yang dicat berwarna biru muda.

Tampilannya secara umum mirip dengan Maung, kendaraan taktis ringan yang dicoba dan dipesan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada pertengahan 2020.

kendaraan taktis Pindad Maung

Akan tetapi MV 4x4 disebut punya tampilan eksterior dan interior lebih modern, baris belakang lebih lega, atap hardtop dengan kanopi belakang bisa dilepas untuk menjadikannya double cabin.

Selain itu, dilengkapi pula dengan pijakan kaki (footstep) samping.

MV2 4x4 sejak awal pengembangan tak hanya ditujukan sebagai kendaraan operasi modern para tentara. Mobil ini diklaim memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan pasar non-militer.

“(MV2 4x4) harapannya bisa menjadi sebuah kebanggaan bagi Pindad dan Indonesia. Di mana kita bisa menunjukkan bahwa kita semua putra putri Indonesia bisa menghasilkan produk yang membanggakan dan bisa menjadi solusi,” ucap Vice President Innovation PT. Pindad Windhu Paramartha.

Kemampuan manuver MV2 4x4 digadang-gadang gesit serta andal. Suspensinya menggunakan Independent Double Wishbone di depan plus Four Link with Coilover Shock di belakang yang diklaim sesuai untuk jalanan umum (on road) maupun jalanan non-aspal (off road).

Pindad MV2 4x4

Dapur pacu bersenjatakan mesin diesel yang menggelontorkan daya puncak 136 hp di 3.200 rpm dengan torsi maksimum 385 Nm di 1.600-2.600 rpm. Transmisinya menggunakan girboks manual dengan enam gigi maju dan satu gigi mundur.

Tidak dijelaskan, kapan rencana MV2 4x4 masuk tahap produksi komersial. Pindad hanya menerangkan kalau ke depannya, mereka akan mengembangkan varian-varian lain dari MV2 4x4 sesuai dengan kebutuhan.

Direktur Utama PT. Pindad Abraham Moses meminta jajarannya untuk terus berinovasi. Dengan kemampuan menciptakan produk kreatif serta inovatif perusahaan bisa menjadi besar, jaya, dan hidup.

“Ini adalah momen, kesempatan kita untuk membuktikan kemampuan inovasi yang ada di Pindad, dijaga dan jangan sampai hilang. Jangan sampai padam semangat para inovator, kreator dan engineer Pindad harus selalu tumbuhkan produk inovatif. Kita tidak akan terkalahkan apabila menguasai teknologi, kuncinya disitu,” tegasnya. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar