Sering Dianggap Remeh, Ini Peran Penting Oli Motor

Berita Otomotif

Sering Dianggap Remeh, Ini Peran Penting Oli Motor

JAKARTA – Pelumas atau oli memiliki peran penting dalam mesin kendaraan khususnya motor.

Maka dari itu, jadwal penggantian oli perlu diperhatikan agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan. Dengan melakukan penggantian secara berkala, maka komponen mesin lebih awet dan performanya juga tetap optimal. Berikut ini fungsi-fungsi oli seperti dirangkum dari laman resmi Wahana Honda.

Sebagai pendingin

Oli memiliki fungsi yang salah satunya adalah sebagai pendingin mesin. Oli yang baik dapat mencegah mesin overheat atau tetap di suhu ideal. Karena dengan suhu mesin ideal, maka kinerja mesin akan lebih sempurna.

Pembersih

Pelumas yang bagus mampu mencegah timbulnya kotoran sisa pembakaran. Selain itu, oli juga berfungsi untuk mengendalikan atau membawa gram akibat gesekan antar komponen, supaya tidak menempel pada bagian-bagian mesin. Kotoran hasil pembakaran tersebut akan disaring ke saringan oli sehingga ruang bakar tetap bersih.

Menghaluskan

Seperti disebutkan di atas, pelumas bertugas untuk meminimalisir gesekan pada mesin. Semakin baik kualitas oli, maka gesekan akan semakin minim. Hasilnya suara mesin terdengar lebih halus seperti kondisi baru.

Oli yang kualitasnya sudah menurun seiring pemakaian, perlahan-lahan kehilangan fungsinya untuk melumasi. Sehingga mesin terdengar lebih berisik dan membuat tidak nyaman penggunanya.

Anti korosi

Pelumas jaman sekarang telah dikawinkan dengan berbagai aditif yang berfungsi melindungi ruang bakar dari korosi atau karat. Komponen mesin yang pada umumnya terbuat dari bahan logam, sangat rentan terhadap korosi karena adanya proses oksidasi.

Terlebih pada mesin kendaraan yang cukup lama tidak digunakan, maka kemungkinan terjadinya oksidasi semakin besar.

Saat ini terdapat dua jenis oli pada sepedamotor. Pertama adalah JASO MA yang diperuntukkan mesin dengan kopling basah, motor sport dan cub. Kedua yakni JASO MB untuk kopling kering pada motor matic.
Peran penting Oli

Selain itu, dalam memilih oli, konsumen harus juga memperhatikan standar SAE yang menentukan kekentalannya. Adapula klasifikasi API yang menentukan kualitas serta tingkat performa oli mesin. Konsumen perlu memperhatikan klasifikasi oli yang sesuai dengan mesin motornya.

Penggunaan oli mesin pada sepedamotor berbeda-beda tergantung dari jenisnya seperti disebutkan di atas. Pemilik kendaraan wajib melakukan pemeriksaan tinggi permukaan oli secara berkala. Berikut ini caranya untuk melakukan pemeriksaan oli. 

1. Sepeda motor pada posisi tegak
2. Hidupkan mesin dalam keadaan stasioner selama 3-5 menit
3. Matikan mesin dan diamkan selama 2-3 menit
4. Lap dengan kain bersih disekitar tutup oli untuk mencegah kotoran masuk  ke dalam mesin saat tutup dibuka
5. Buka tutup oli dan bersihkan tangkai pengukurnya dengan kain
6. Masukan kembali tutup oli tanpa di sekrup
7. Angkat tutup oli dan periksa tingkat volume oli [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar