Sepertiga Warga Inggris Ingin Beli Mobil Usai Lockdown Corona

Berita Otomotif

Sepertiga Warga Inggris Ingin Beli Mobil Usai Lockdown Corona

LONDON – Menurut survei terkini, nyaris sepertiga warga Inggris mengaku ingin beli mobil usai lockdown akibat pandemi virus Corona (Covid-19) berakhir.

Inggris pertama kali menjalani lockdown pada 23 Maret 2020. Saat ini, pemerintah Inggris sudah memberikan berbagai kelonggaran untuk beraktivitas, tapi belum sepenuhnya mengakhiri lockdown.

Ternyata, tak sedikit warga ‘Negeri Ratu Elizabeth’ yang ingin membeli mobil untuk pergi bekerja maupun beraktivitas setelah lockdown diakhiri. Survei dari Green Flag, seperti dilaporkan situs Motor1 baru-baru ini, menunjukkan 32 persen responden secara tegas mengaku ingin mengakuisisi mobil baru atau bekas sebagai cara untuk menghindari transportasi publik.

Survei tersebut dilakukan terhadap 2.000 orang di berbagai kota di Inggris. Sebanyak 62 persen di antaranya, atau sekitar enam dari 10 orang, juga bakal berusaha menjauhi kereta atau pun bus karena masih khawatir terhadap penularan virus Corona.

Penelitian menunjukkan adanya gap antargenerasi menyangkut perhatian moda transportasi pascalockdown. Mereka yang berusia relatif mudah besar kemungkinan menghindari kereta maupun bus. Bahkan, tiga per empat dari  dari responden berencana untuk berpindah ke berbagai moda transportasi lain yang lebih privat dan lebih aman dari risiko penularan virus untuk mobilitas harian.

Mark Newberry, Commercial Director Green Flag, menilai pergeseran perilaku transportasi tersebut bagus untuk kesehatan. Akan tetapi, hal ini bakal membuat jalanan terlihat ‘sangat berbeda’.

Dia menilai bahwa para pekerja di seluruh negeri pasti akan merasa antusias sekaligus gugup mengenai prospek kembali ke kantor. Kecemasan mereka antara lain disebabkan oleh pemikiran mengenai cara bepergian.

Riset menunjukkan masyarakat Inggris berniat mengambil aksi yang diperlukan untuk menyiapkan kembalinya mereka ke aktivitas harian. Ada yang menegaskan ingin beli sepeda, banyak juga yang langsung berpikir bawa mobil sendiri.

“Tak hanya demi memproteksi kesehatan individual, tapi juga demi kesehatan orang-orang lain di sekitarnya. Mereka nantinya mengeksplorasi cara-cara lain dalam bepergian. Dengan hampir sepertiga warga ingin membeli mobil demi mengurangi interaksi publik, kita dapat mengekspektasikan jalanan akan terlihat berbeda dibandingkan saat sebelum lockdown,” papar Newberry. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar