Sejarah dan Spesifikasi Motor Kawasaki Ninja

Panduan Pembeli

Sejarah dan Spesifikasi Motor Kawasaki Ninja

Motor Kawasaki Ninja 250 pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2008 dan langsung menjadi salah satu motor sport yang paling diminati.

Hal ini karena Kawasaki Ninja telah menggunakan mesin dengan dua silinder, sementara sepeda motor sejenis hanya satu silinder. Perbedaan ini membuat suara mesin Kawasaki Ninja terdengar jauh lebih sangar.

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pun terbilang optimis dengan Kawasaki Ninja di Indonesia. Untuk itu mereka berani memproduksi langsung motor tersebut secara lokal di pabrik KMI di Bekasi, Jawa Barat.

Meski menggunakan mesin dua silinder dan memiliki suara lebih sangar, performa Kawasaki Ninja saat pertama kali diluncurkan sebenarnya tidaklah terlalu istimewa. Bahkan perfomanya tiidak lebih baik bila dibandingkan dengan beberapa motor sport pendahulunya. 

Kawasaki Ninja

Namun tetap saja, motor Kawasaki tersebut bisa membuat sejumlah pabrikan sepeda motor lain melakukan pengembangan serupa. Honda misalnya, langsung meluncurkan CBR250RR sementara Yamaha mengeluarkan R25.

Kemudian pada 2013, KMI melakukan pengembangan baru. Kali ini mereka menambahkan pengabut bahan bakar model injeksi. Tak hanya itu, mesin motor Kawasaki Ninja juga mendapatkan pengembangan yang terinsipirasi dari ZX-6R 636.

Era keemasan Kawasaki Ninja 250 Fi hadir saat sebuah sinetron di Indonesia menampilkannya. Namun, era tersebut semakin pudar karena kebutuhan masyarakat terhadap skutik ternyata lebih tinggi ketimbang motor sport.

Meski begitu tak menyurutkan Kawasaki menghadirkan Ninja terbaru. Mereka menghadirkan Ninja ZX-25R yang memiliki konfigurasi mesin 250 cc dan empat silinder segaris. Motor ini pun berhasil mendapatkan respons positif dari konsumen.

Kawasaki Ninja ZX-25R

Kawasaki Ninja ZX-25R diluncurkan pertama kali pada Juli, 2020. Motor ini dijual dengan harga mulai dari Rp96 juta hingga Rp112 juta.

Berbeda dari model sebelumnya yang menggunakan mesin 2 silinder, Kawasaki Ninja ZX-25R kini telah menggunakan mesin empat-silinder segaris.

Motor ini pun dikabarkan menggunakan sasis yang terinspirasi dari motor balap Kawasaki di ajang World Superbike (WSBK).

Sementara untuk keseimbangan, Kawasaki sudah menyematkan suspensi high-performance untuk membuat motor bisa bermanuver dengan lebih rigid.

Mesin merupakan faktor yang menjadi perhatian utama Kawasaki dalam mengembangkan Ninja ZX-25R. Mesin 249 cc DOHC empat-silinder segaris dipercaya mampu menghasikan daya maksimal hingga 49,2 hp. Sumber tenaga kendaraan ini dikatakan mampu dipacu hingga 187 km/jam dengan rpm melebihi 17.00.

Mesin tersebut pun sudah dilengkapi Electronic Throttle Valve (ETV) yang menjadi otaknya. Hal ini membuat percampuran udara dan bahan bakar menjadi sempurna. Tak hanya itu, pada mesin

Kawasaki Ninja ZX-25R juga telah disematkan Ram Air Duct System. Posisinya berada di tengah dan mampu memberikan daya tambahan di putaran atas. Fitur yang dikembangkan dari Ninja H2 ini dikatakan mampu mengangkat daya maksimum sebesar 0.9 hp saat kecepatan menyentuh angka 100 km/jam.

Tenaga dari mesin tersebut kemudian disalurkan ke roda melalui transmisi manual enam percepatan. Untuk memberikan pengalaman berkendara lebih baik, Kawasaki Ninja ZX-25R dilengkapi dengan assist & slipper clutch, sehingga membuat perpindahan gigi menjadi lebih mudah dan cepat.

Selain mesin, sasis dari Kawasaki Ninja ZX-25R juga menjadi perhatian khusus. Sepeda motor ini telah menggunakan sasis yang fokus pada center of gravity, swing arm pivot, engine axis hingga caster angle. Sementara itu rangka kendaraan pakai trelis guna memberikan keseimbangan dan handling supersport.

Desain swing-arm motor ini membentuk arched yang menambah keseimbangan saat berkendara. Desain tersebut juga mendukung penempatan silincer di tengah-tengah. Sebagai penopang kendaraan, suspensi buatan Showa dipercaya mampu meredam guncangan dengan baik dan pada akhirnya memberikan kenyamanan berkendara.

Sementara untuk sistem pengeremannya, Kawasaki Ninja ZX-25R telah dibekali dengan perangkat rem cakram single disc 277 mm depan dan 186 mm belakang.

Bannya menggunakan Dunlop GPR300 berukuran 110/70R17M/C di depan dan belakang 150/60R17M/C.

Fitur-fitur dari Ninja ZX-25R juga terbilang cukup menarik untuk menjadi perhatian. Dari sisi penerangan misalnya, sepeda motor sudah dilengkapi dengan lampu berteknologi LED. Sedangkan pada lampu belakang, desainnya terinspirasi dari Ninja ZX-10R.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah Kawasaki Traction Control (KTRC). Fitur ini membuat keamanan dan kenyamanan berkendara menjadi lebih baik, sehingga diharapkan kepercayaan pengendara menjadi lebih tinggi.

Perlu diketahui bahwa, Ninja ZX-25R ini memiliki tiga mode berkendara yaitu Full Power, Low Power atau Adaptive. Semua mode berkendara tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan saat melalui beragam medan perjalanan.

Berikut spesifikasi lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R :

Dimensi

  • Panjang: 1.980 mm
  • Lebar: 750 mm
  • Tinggi: 1.110 mm
  • Wheelbase: 1.380 mm
  • Road Clearance: 123 mm
  • Tinggi Jok: 786 mm
  • Berat: ZX250F 180 kg, ZX250G 182 kg
  • Kapasitas Tangki: 15 liter

Mesin

  • Tipe: 4 silinder DOHC 16 valves
  • Bore x stroke: 50 mm x 31,8 mm
  • Kapasitas silinder: 249,8 cc
  • Rasio kompresi: 11,5:1
  • Sistem pengkabutan: Fuel injection diameter 30 mm x 4
  • Sistem pelumasan: Forced Wet Sump
  • Sistem stater: Electric starter

Performa

  • Tenaga: 49 hp/17.000 rpm
  • Tenaga dengan ram air:  37,5 kW (50,3 hp)/15.500 rpm
  • Torsi:   22,9 Nm/14.500 rpm

Penambahan Warna

Ninja ZX-25R model 2022 yang hadir Juni 2021 mendapatkan warna baru, yaitu Metalic Spark Black khusus tipe standart. Sedangkan tipe ABS Special Edition ditawarkan dengan 3 warna yaitu Lime Green/Pearl Blizzard White, Metallic Matte Graphene Steel Gray/Metallic Spark Black dan Passion Red/Pearl Blizzard White.

Kawasaki Ninja Bekas

Harga dari motor Kawasaki Ninja bekas di Indonesia cukup beragam. Berdasarkan data dari Mobil123, terdapat beberapa unit Ninja yang diiklankan.

Berikut ini pilihannya yang bisa dilihat.

Kawasaki Ninja 250 2010

Pilihan pertama adalah Kawasaki Ninja yang dijual oleh diler motor bekas di kawasan Kediri, Jawa Timur. Sepeda motor berwarna merah ini dijual dengan harga Rp30 juta dan diklaim masih dalam kondisi yang baik.

Dalam keterangan disebutkan bahwa pajak kendaraan dari sepeda motor ini sebesar Rp616.500.

Kawasaki Ninja 250 2014

Masih dari diler yang sama, Kawasaki Ninja keluaran 2014 dijual dengan kondisi yang terlihat masih sangat apik.

Sepeda motor berwarna putih tersebut dijual dengan harga Rp38 juta dan masih bisa dinegosiasikan.

Meski motor-motor tersebut terlihat masih apik, tidak ada salahnya untuk melakukan inspeksi secara menyeluruh untuk memastikan kondisi kendaraan.

Jangan lupa melakukan test drive kendaraan sebelum melakukan transaksi, untuk memastikan bahwa kendaraan memang dalam kondisi yang sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh penjual.

Tak ada salahnya untuk meminta garansi kepada penjual guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar