Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Sedan dan MPV Mulai Terlupakan, Ini 5 Hal Menarik SUV yang Kini Jadi Favorit Orang Indonesia

Panduan Pembeli

Sedan dan MPV Mulai Terlupakan, Ini 5 Hal Menarik SUV yang Kini Jadi Favorit Orang Indonesia

SUV adalah singkatan dari "Sport Utility Vehicle", namun tidak seperti namanyam SUV bermakna mobil yang diciptakan dengan kemampuan off road. 
Awalnya, SUV sebagian besar dibuat dengan sasis truk ringan sebagai kendaraan pribadi di berbagai kontur jalan.

SUV pertama diperkenalkan pada tahun 1934 oleh Willys-Overland dengan Willys Jeep MB. Mobil ini begitu terkenal sebagau kendaraan taktis ringan pada Perang Dunia II. Setelah perang berakhir, produsen SUV mulai memproduksi versinya untuk masyarakat umum, dan sejak itu SUV menjadi salah satu kendaraan paling populer di dunia.

Itulah mengapa bagi sebagian orang, istilah jip merujuk pada SUV karena memang Jeep - Willys merupakan pelopor yang menciptakan genre tersebut. SUV identik dengan mobil yang memiliki ground clearance tinggi. 

Fitur ini membantu SUV memiliki kemampuan mengatasi medan yang kompleks. Pada beberapa jenis SUV, dibangun dengan sasis ladder frame yang diperkuat  untuk meningkatkan stabilitas. Kini SUV menjadi genre yang populer di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Bahkan, SUV sukses menggusur popularitas sedan dan kini mulai menjadi alternatif MPV namun lebih tangguh. Tingginya animo masyarakat membuat hampir semua pabrikan mobil memiliki produk SUV. Mulai dari Toyota dengan Fortuner dan Land Cruiser, Mitsubishi dengan Pajero Sport, Nissan dengan X-Trail dan Terra, Honda dengan CRV, serta Wuling dengan Almaz.

Lantas apa saja hal menarik dari sebuah SUV yang menjadikannya begitu laris? Berikut ini ulasannya.

1. Kemampuan SUV Cocok dengan Kondisi Jalan di Indonesia

Bukan Ultimate, Ini Varian Pajero Sport Paling Laris Di Indonesia | PT JBA  Indonesia

SUV adalah salah satu model mobil paling populer di Indonesia. Alasannya jelas karena SUV jadi kategori kendaraan penumpang yang paling aman untuk segala kondisi jalan. Banyak pembeli tertarik dengan kemampuan off-road karena kondisi aspal di Indonesia yang masih banyak lubangnya.

Masih banyak jalan di daerah pedesaan yang masih berupa tanah becek atau berbatu yang sulit dilewati mobil seperti city car atau MPV. Selain itu polisi tidur dan genangan air yang banyak bertebaran jadi pertimbangan lain kenapa mereka membeli SUV.

Untuk konsumen keluarga yang tentunya punya kebutuhan untuk rekreasi,  SUV dengan mudah membawa mereka ke tujuan wisata manapun yang cocok untuk keluarga. 

SUV memungkinkan pengemudi untuk aktivitas outdoor menikmati petualangan luar seperti berkemah, memancing, dan hiking.  Hal ini karena SUV memiliki ground clearance tinggi membuat pengemudi tak perlu khawatir bagian kolong akan terbentu lubang atau permukaan jalan. 

2. Kemampuan Jelajah Lebih Optimal

Cruise Controlling: We Drive Five Classic Toyota Land CruisersAda banyak pilihan sistem penggerak untuk model SUV saat ini, mulai dari penggerak roda depan, penggerak roda belakang, dan penggerak semua roda atau 4WD. 

Beberapa pabrikan membekali lini SUV mereka dengan penggerak 4WD, sehingga lebih mumpuni melalui berbagai kondisi jalan. Penggerak 4WD atau 4X4 terkenal dengan kemampuan jelajah yang perkasa, terlebih pada medan buruk.

SUV penjelajah rata-rata juga didesain dan dibuat dengan sasis ladder frame sehingga lebih kokoh. Sasis yang rigid membuat medan-medan berlumpur atau berbatu bisa dilibas dengan mudah. 

Desain kokoh dari sebuah SUV ditujukan untuk menghadapi medan semi-offroad, sehingga memberikan ekskpektasi akan ketangguhan sebuah kendaraan yang lebih baik daripada mobil kecil.

3. Desain yang Maskulin dan Modern

Semakin Berkelas! Inilah Harga Toyota Land Cruiser 2023Faktor berikutnya yang membuat orang terpikat dengan SUV adalah karena desain mobilnya kental dengan aura maskulin. Masyarakat menginginkan  mobil yang handlingnya lincah dan comfort seperti sedan, tapi tampangnya harus yang gahar. Hal ini yang menjadi alasan Toyota kemudian merilis model Corolla Cross.

Perkembangan teknologi yang makin canggih memungkinkan pabrikan mobil mendesain SUV yang lebih modern, enak dipandang, sehingga disukai lebih banyak segmen konsumen. SUV jadi simbol maskulinitas yang mereka inginkan seperti rasa percaya diri saat berkendara dan terlihat sukses. Ini lumrah, karena SUV jadi simbol dari kekayaan seseorang atau kemapanan seseorang. 

4. Terdiri Dari Beragam Varian, Sesuai Dengan Kebutuhan

5 Alasan Kenapa Mobil SUV Digemari oleh Konsumen Indonesia I Carro.idSUV semakin berkembang menjadi kendaraan serba bisa, sehingga oleh pabrikan dibuat dalam beragam varian. Untuk versi compact, terdiri dari dua baris kursi berkapasitas 5-penumpang. Kemudian untuk mobil keluarga, kini tersedia SUV dengan konfigurasi 7-seater.

Keunggulan desain dan kemampuan muat banyak penumpang adalah dua aspek keunggulan SUV yang spesial bagi konsumen Indonesia dibandingkan jenis lainnya. Anda ingin sebuah SUV kompak yang terjangkau, bisa memilih crossover yang lebih nyaman dengan karakter mendekati sedan. Bila ingin berjibaku di medan off-road, tersediaSUV murni dengan kemampuan jelajah yang didukung penggerak 4×4.

Konsumen pun bisa memilih SUV tanpa harus merogoh kocek yang terlalu dalam dengan memilih low SUV. Bukan hanya low SUV yang memiliki kapasitas 7-penumpang saja yang populer, tapi untuk segmen medium dan high pun kini hadir dengan kapaasitas serupa.

5. Praktis Untuk Segala Kebutuhan

Peran SUV kini telah bergeser, tak lagi jadi mobil penjelajah tapi sudah menjadi mobil untuk aktivitas harian. Dengan tuntutan kebutuhan seperti itu, pabrikan lantas merancang SUV agar memiliki bagasi lebih luas atau kemampuan untuk memuat penumpang lebih banyak. 

Tentunya kombinasi kabin lega dan bagasi luas membuatnya lebih praktis ketika untuk berbagai kebutuhan, baik untuk memuat barang hingga penumpang layaknya sebuah mobil MPV. SUV dengan struktur rangka lebih kokoh bisa mengangkut barang seperti sepeda gunung, kayak/kano, hingga motor trail yang tak mampu dilakukan MPV.

Kesimpulan 

Nah itu tadi beberapa hal penting yang jadi alasan SUV kini semakin digemari oleh masyarakat. Kini segmen SUV kian beragam sehingga memudahkan kita untuk memilih varian yang sesuai dengan kebutuhan. Tak heran bila kehadiran SUV modern bisa menggeser peran sedan dan MPV karena keluwesannya.

(YS)

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang