Rolls-Royce Klasik Dimodifikasi untuk Drag Race

Berita Otomotif

Rolls-Royce Klasik Dimodifikasi untuk Drag Race

HADELANSVEGEN – Sebuah Rolls-Royce klasik produksi 1960-an dimodifikasi agar lebih ganas untuk dibawa drag race. Tampangnya pun menjadi lebih bandel.

Rolls-Royce bukan pabrikan yang kesohor sebagai produsen mobil-mobil kencang. Produsen mobil asal Inggris yang kini menjadi bagian dari BMW Group ini lebih terkenal sebagai pembuat mobil-mobil ningrat.

Namun, Rolls-Royce klasik Silver Shadow, seperti diwartakan Carscoops pada akhir pekan ini, malah dioprek agar menjadi sebuah mobil balap di Hadelansvegen, Norwegia.

Jika ditelusuri, Silver Shadow merupakan model Rolls-Royce yang diluncurkan pada 1965 silam. Ini adalah model pertama yang dibuat dengan desain unibody. Kalau dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Silver Cloud, bentuk Silver Shadow lebih mengotak dan lebih kecil.

Silver Shadow versi balap ini sendiri dijual di situs Finn. Berdasarkan penjelasan dalam laman daring itu, sedan klasik tersebut terlebih dahulu direstorasi sebelum menjadi mobil drag race yang ada di dalam foto.

Pascarestorasi, Silver Shadow lalu diletakkan di sasis tube-frame drag. Jok  kursi, meski masih berbalut kulit, tapi sudah diganti dengan bucket seat pada baris pertama. Racing cage juga menjadi penambahan wajib. Dan uniknya, sang modifikator tetap mempertahankannya sebagai sedan berkapasitas empat penumpang.

Tak banyak informasi yang dituliskan mengenai mesin. Satu-satunya penjelasan bahwa Silver Shadow ‘bandel’ ini dipersenjatai mesin GM V8 426 cubic inch plus 14-71 supercharger.

Tidak disebutkan berapa besar gelontoran tenaga yang bakal keluar. Yang pasti, mesinnya terlihat menyembul keluar dari kap depan sehingga membuatnya bertampang bak seorang ningrat berkarakter pemberontak.

Silver Shadow buat drag race ini dijual dengan harga 890 ribu krone Norwegia atau sekitar Rp 1,58 miliar. Berminat? (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual