Bisa Dipacu 217 km/jam, Jangan Asal Tantang Traktor ini Balapan Drag Race

Berita Otomotif

Bisa Dipacu 217 km/jam, Jangan Asal Tantang Traktor ini Balapan Drag Race

NORTH YORKSHIRE - JBC Machine membuat traktor yang bisa dipacu hingga 217 km/jam dan menjadikannya sebagai traktor tercepat di dunia.

JBC Machine sendiri merupakan perusahaan alat berat ternama asal Inggris. Untuk kali ini mereka melupakan sejenak membuat traktor dan backhoe, tapi fokus membangun traktor yang bisa dipacu mengalahkan mobil Anda di ajang adu cepat drag race.

Untuk bisa memecahkan rekor dunia, JCB Machine tentu melakukan rangkaian strategi guna memaksimalkan mesin traktor buatannya. Dalam kondisi standar, traktor tersebut hanya bisa dipacu hingga kecepatan 65 km/jam saja.

2 sistem turbocharged ditanam pada mesin tersebut. Jadi tak hanya turbocharger utama, terdapat pula turbocarger listrik sebagai pendampingnya.

Salah satu kendala dari kinerja mesin ini selanjutnya adalah soal tempratur yang sangat tinggi. Untuk menyiasati hal tersebut, dibuat sistem pendingin bermuatan besar dan kemudian diisi dengan batu es. 

Pembalap Guy Martin yang kemudian dipercaya untuk melakukan pemecahan rekor kecepatan ini. Pria yang dikenal sebagai pembalap motor dan presenter TV ini sendiri sejatinya sudah pernah membuat project bersama JCB Machines, saat ia membangun replika tank Perang Dunia I.

"Ada beberapa orang hebat di sana dan mereka berkata tentang gagasan membangun traktor tercepat di dunia ini. Jadi saya katakan jika Anda menginginkannya, hal itu akan segera terjadi," kata Guy kepada Guinness World Records.

Dan catatan kecepatan tercepat yang bisa diraih traktor milik JCB Machines ini mencapai 217 km/jam. Dilakukan di landasan pesawat bekas Royal Air Force (RAF) atau Angkatan Udara Inggris yang memiliki panjang lintasan lurus mencapai 1 km/jam.

Upaya ini sendiri merupakan perbaikan rekor sebelumnya yang ditorehkan oleh Guy. Di mana ia hanya bisa memacu traktornya hingga kecepatan maksimal 166 km/jam.

Top speed ini tentu bukan lawan enteng bagi kebanyakan mobil di rumah Anda untuk balapan. Bayangannya, jika Anda memiliki mobil kelas low MPV saja rata-rata kecepatan maksimal yang bisa ditempuh rata-rata hingga hingga 175 km/jam saja.

 

[Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar