Rolls-Royce Langka Muhammad Ali Segera Dilelang

Berita Otomotif

Rolls-Royce Langka Muhammad Ali Segera Dilelang

LONDON – Rolls-Royce Silver Shadow versi convertible (atap terbuka) langka yang pernah dimiliki oleh petinju legendaris Muhammad Ali akan dilelang pada awal Oktober.

Rolls-Royce klasik milik Ali, seperti diwartakan Bloomberg beberapa waktu lalu, rencananya dilelang oleh Bonhams pada 5 Oktober 2018 di Belgia. Silver Shadow convertible bersetir kirinya kreasi coachbuilder H.J Mulliner Park Ward ini hanya dibuat 272 unit di seluruh dunia.

Menurut keterangan resmi dari Bonhams, Ali membelinya di New Jersey, Amerika Serikat (AS) pada Desember 1972 dengan harga yang menurut laju inflasi saat ini setara 105 ribu dollar AS (Rp 1,56 miliar). Model termewah Rolls-Royce pada zamannya ini dibeli Ali di tahun yang sama ketika lisensi bertinjunya berlaku kembali, setelah dibekukan tiga tahun akibat secara terbuka mengkritik pemerintah dan menolak Perang Vietnam.

Silver Shadow convertible Muhammad Ali yang dilelang tercatat baru menempuh 4.475 mil (sekitar 7.200 km). Bonhams, rumah lelang asal Inggris, memperkirakan salah satu barang peninggalan Ali tersebut bisa laku sekurang-kurangnya 47 ribu – 70 ribu dollar AS (Rp 701,51 juta – 1,04 miliar) plus premi pembeli.

Silver Shadow convertible dirakit dengan tangan serta memiliki tampilan interior mewah berkat pernis dari pohon kenari, balutan material kulit Connelly, karpet Wilton, dan lain-lain. Tentu saja, ada personalisasi (bespoke) yang diminta Ali.

Bicara sistem penggerak, Rolls-Royce Silver Shadow convertible dipersenjatai mesin bensin 6.75-liter V8 otomatis. Saat diluncurkan, kecepatan puncaknya mencapai 190 km/jam.

“Silver Shadow ini dibeli dalam kondisi baru oleh seorang legenda olahraga dengan spesifikasi tertingginya. Beberapa bespoke yang diminta Ali masih terdapat hingga saat ini, seperti sandaran kursi yang spesial,” klaim Gregory Tuytens, Motorcar Specialist Bonhams.

Silver Shadow convertible dimiliki juara dunia tinju kelas berat tiga kali tersebut hanya selama enam tahun, lalu berpindah-pindah tangan hingga ke Belanda. Pemilik terakhir di ‘Negeri Kincir Angin’ tidak merestorasinya secara penuh dan berusaha mempertahankannya seorisinil mungkin di berbagai aspek.

Pemenang lelang nantinya menerima dokumen-dokumen tambahan. Di antaranya adalah salinan spesifikasi asli Silver Shadow convertible, surat garansinya dahulu, salinan lisensi mengemudi Ali saat masih bernama Cassius Clay.

Masih ada pula foto Ali bersama Silver Shadow convertible dan Diana Ross di luar Caesars Palace, Las Vegas. Foto diambil pada 1973 sebelum pertarungan dengan Joe Bugner. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support