4.063 Mobil Rolls-Royce Terjual

Berita Otomotif

4.063 Mobil Rolls-Royce Terjual

GOODWOOD - Meski tahun lalu ekonomi dunia belumlah stabil, produsen mobil ultramewah seperti Rolls-Royce mampu memperlihatkan pertumbuhan penjualan. Brand ikonik asal Inggris ini mampu mencetak rekor penjualan tertinggi dalam sejarah mereka.

Tidak tanggung-tanggung, Rolls-Royce Motor Cars mengungkapkan rekor penjualan selama lima tahun berturut-turut dengan 4.063 unit mobil yang terjual selama 2014 secara global. Hasil menakjubkan ini menunjukkan peningkatkan hingga empat kali lipat sejak tahun 2009.

Tingginya angka penjualan dilaporkan di seluruh dunia, dengan pertumbuhan dua digit di hampir seluruh wilayah, terutama Amerika Utara (naik 30%), Timur Tengah (naik 20%), dan Eropa (naik 40%). 

Amerika Serikat tetap menjadi pasar individual (personalisasi) yang paling signifikan. Inggris sebagai pasar lokal Rolls-Royce mencatat penjualan terbesar ke-empat untuk pasar individual (naik 13%).

Eropa menunjukkan pertumbuhan yang kuat di Jerman (naik 30%), sementara di Asia Pasifik, Australia mengalami pertumbuhan sebesar 75%, Jepang sebesar 60%, dan Korea 20%. 

Di Timur Tengah, pertumbuhan signifikan dicatat oleh Bahrain (naik 50%), Kuwait (naik 45%), dan Oman (naik 27%). Pasar-pasar yang tengah berkembang seperti Azerbaijan, Kazakhstan dan Vietnam, semua menunjukkan pertumbuhan yang menjanjikan.

Distributor Rolls-Royce dengan catatan penjualan terbaik di tahun 2014 diraih oleh Rolls-Royce Motor Cars Abu Dhabi. Sebagai bagian dari komitmennya terhadap pertumbuhan jangka panjang, perusahaan telah membuka enam dealership baru selama 2014, termasuk di Mexico City, Calgary (Kanada), dan Gold Coast (Australia). Dengan127 dealership yang kini beroperasi, Rolls-Royce merencanakan untuk memperluas ekspansi di tahun 2015.

“Tahun rekor penjualan lima kali berturut-turut ini memperlihatkan keberhasilan Rolls-Royce dalam menembus angka penjualan 4.000 mobil untuk pertama kalinya dalam sejarah perusahaan yang telah eksis selama 111 tahun," kata Torsten Müller-Ötvös, Chief Executive Officer Rolls-Royce Motor Cars.

"Hasil ini menegaskan bahwa strategi pertumbuhan yang berimbang, berkelanjutan, dan menghasilkan ini berjalan dengan baik dan Rolls-Royce tetap menjadi merek mewah terkemuka di dunia. Kesuksesan  yang luar biasa ini telah dibangun pada dasar yang kuat, yaitu produk terbaik, orang-orang yang berdedikasi, dan sebuah komitmen untuk menghasilkan penjualan global yang berimbang,” jelasnya.

Penjualan tahun ini terdorong oleh tingginya pesanan untuk Ghost Series II yang diluncurkan pada bulan November dan Wraith yang merengkuh tahun penjualan pertamanya, serta Phantom yang masih menjadi produk unggulan Rolls-Royce yang tak tertandingi.

Bespoke Collection termasuk Waterspeed, Pinnacle Travel dan Metropolitan, serta kreasi unik seperti the Maharaja Phantom Drophead Coupé juga berkontribusi dalam mempertahankan status Rolls-Royce sebagai produsen otomotif terdepan yang menawarkan produk di segmen individual (personalisasi).  Di tahun 2014, Rolls-Royce sekali lagi mencatatkan penjualan terbanyak dibanding produsen mobil lain untuk segmen di atas 200.000 euro.

2014 juga menandai tahun pertama dimana setiap Phantom, serta sebagian besar model Ghost dan Wraith, meninggalkan markas Rolls-Royce di Goodwood, West Sussex, Inggris dengan personalisasi Bespoke yang signifikan.  

Sebuah rekor jumlah pelanggan yang meluangkan waktu personalnya untuk berkonsultasi satu per satu dengan konsultan desain Rolls-Royce dalam menciptakan kendaraan personal mereka.

Untuk memenuhi permintaan yang begitu besar, khususnya terhadap mobil-mobil Bespoke, perusahaan telah menciptakan lebih dari 200 pekerjaan permanen baru dalam 18 bulan terakhir. Kini, lebih dari 1.500 orang bekerja di markas Rolls-Royce Motor Cars.

Bukti selanjutnya dari komitmen Rolls-Royce dalam memperluas ekspansi di Britania Raya terlihat di bulan September, ketika perusahaan mengumumkan rencana untuk mendirikan Pusat Logistik dan Teknologi baru di Bognor Regis, dekat Goodwood.  

Fasilitas baru seluas 30.000 m2 yang direncanakan dibuka pada tahun 2016 ini akan mempekerjakan sekitar 200 staf, baik yang baru maupun yang telah ada dalam bidang teknis dan logistik.

“Rolls-Royce motor cars semakin terkenal di seluruh dunia seiring dengan peningkatan jumlah mobil yang dikirim ke luar negeri. Keterampilan dan dedikasi para pekerja di Britania Raya akan terus membawa Rolls-Royce mencapai tahun penuh kesuksesan selanjutnya,” lugas Business Secretary Inggris, Vince Cable.

“Dengan sebuah mobil baru yang dirilis setiap 20 detiknya dan peningkatan investasi yang berkontribusi terhadap penciptaan mata pencaharian baru untuk masyarakat lokal, industri otomotif Inggris terus berkembang. Dengan strategi berbasis industri, kami mendukung perusahaan yang berkomitmen kuat seperti Rolls-Royce Motor Cars, dengan menyediakan lingkungan yang tepat untuk berinvestasi dan menciptakan lapangan kerja yang memerlukan keterampilan tinggi,” paparnya. [syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support