Rifat Sungkar Bongkar Harga Mobil Balap, Jangan Kaget Lihat Angkanya

Berita Otomotif

Rifat Sungkar Bongkar Harga Mobil Balap, Jangan Kaget Lihat Angkanya

JAKARTA – Rifat Sungkar membongkar harga mobil balap, dari yang termurah hingga termahal. Modal untuk kendaraannya saja berkisar di puluhan juta hingga puluhan miliar rupiah, tergantung kategori balapan maupun kelas yang diikuti.

Pereli kenamaan Indonesia tersebut buka-bukaan soal modal yang dibutuhkan untuk membeli atau membangun sebuah mobil balap lewat akun YouTube-nya, Rifato. Dalam video berjudul ‘Semua Orang Bisa Jadi Pembalap Asal Tahu Ini #BalapPedia Episode 1’ yang ia unggah pada 20 Juli 2020, Rifat memberikan banyak gambaran maupun tips bagi mereka yang berminat menyeriusi bidang tersebut.

Pertama-tama, lelaki yang juga Duta Kendaraan Penumpang Mitsubishi Indonesia tersebut menjelaskan terlebih dahulu pembagian kategori cabang olahraga balap mobil secara umum. Ia memulainya dari balap single seater (tempat duduk tunggal) yang di dalamnya terbagi mulai dari dari gokart hingga Formula One (F1).

Ada lagi balap touring car, baik yang 1.000 cc hingga kapasitas mesin besar. Terdapat pula balap reli, drifting, plus off-road dengan beragam kelas atau jenjang lagi di dalamnya.

Skala balapan dari masing-masing kategori juga luas. Ada balap level nasional sampai internasional yang bisa diikuti dan ini tentunya menentukan harga mobil balapnya.

“Jadi, dari pertama kali lo mau ikut balap, jangan pesimistis dulu dan bilang ‘aduh, enggak bisa deh. Enggak bisa lawan siapa-siapa’. Enggak begitu juga karena lo harus tahu kemampuan lo gimana, mimpi lo apa, golnya apa, harus naik apa dan kompetisinya seperti apa. Itu semua akan jadi satu pola pikir tersendiri untuk lo yang mau ikutan balap karena jangan kalah sebelum bertanding. Tahu dulu, baru coba. Jangan coba dulu baru tahu. Banyak orang tercebur habis itu kapok,” ujar Rifat.

Setelah itu, Rifat langsung buka-bukaan soal harga mobil balap untuk masing-masing kategori. Untuk balap single seater yang terbawah yaitu gokart, mobil balap baru dengan paket lengkap sudah bisa dibeli dengan modal Rp 60 – 70 juta-an.

“Sementara F1 seingat gue sekitar 2 – 2,5 juta euro (Rp 34,1 – 42,6 miliar, 1 euro = Rp 17.071). itu pun kalau mobilnya bisa dibeli,” tukas dia.

Untuk balap reli, kalau mau memulai di kelas 1.500 cc front wheel drive atau mobil retro yang pantas, siapkan duit minimal Rp 150 – 250 juta untuk unit bekas. Adapun untuk kelas World Rally Championship harga kendaraannya bisa mencapai 1,2 juta euro (Rp 20,48 miliar).

Mobil untuk drifting di kelas pemula nasional yang sekennya bisa dibeli dengan modal Rp 100 juta-an. Sementara, untuk kelas profesional biaya membangun mobilnya dapat menyentuh Rp 1 – 1,5 miliar.

“Terus off-road menarik juga. Lo mau mulai dengan 1.000 cc, bisa cari mobil seken di mana saja dengan uang mungkin Rp 100 – 150 juta. Tapi kalau lo mau naik tubular di fase paling tinggi harganya bisa Rp 3,5 – 5 miliar,” tegas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar