Kenali Tanda Kelelahan saat Berpergian

Panduan Pembeli

Kenali Tanda Kelelahan saat Berpergian

JAKARTA - Kemungkinan terjadi kecelakaan 20 kali lebih besar ketika pengendara mengalami kelelahan. Fatigue atau kelelahan mengakibatkan  hilangnya kewaspadaan saat sedang mengendarai kendaraan.

Akibat lainnya lagi adalah hilangnya penilaian, pengambilan keputusan yang lamban dan turunnya kemampuan berkendara. 

Menurut Rifat Sungkar, penyebab kelelahan dapat dibagi menjadi 3 faktor yaitu faktor tidur yang biasanya disebabkan adanya gangguan atau kurang tidur, akumulasi dari tidur yang kurang, dan  kurangnya waktu tidur dalam waktu panjang.

Kedua adalah faktor kerja. Bekerja dengan waktu yang lama sehingga tidak ada waktu pengganti untuk beristirahat bisa menyebabkan kelelahan. Dan yang terakhir adalah faktor kesehatan, apakah kita kurang sehat ketika berkendara atau sedang mengonsumsi obat-obatan dari dokter.

Lantas, bagaimana cara kita mengenali bahwa kita lelah? Berikut adalah ciri-ciri yang mudah dikenali.

  • Hilangnya kewaspadaan, keadaan di mana kita tidak dapat merespon atau bergerak dengan cepat ketika dalam keadaan darurat  atau melakukan tindakan keamanan seperti saat kondisi normal.
  • Mengantuk, perasaan mengantuk dan mungkin agak melayang dan tertidur ketika mengemudi terkadang tidak diketahui. Yakinlah bahwa kondisi seperti ini banyak sekali menyebabkan kendaraan keluar dari lintasan dan berakibat kecelakaan.
  • Tertidur ketika berkendara, beberapa kejadian buruk mengenai kecelakaan tunggal penyebabnya adalah pengendara tertidur ketika sedang berkendara. Dimana situasi seperti ini si pengendara tidak dapat mengontrol atau mengambil keputusan dengan tepat sebelum terjadi tabrakan.

Untuk mengatasi kelelahan hanya ada satu cara yaitu “Tidur cukup dan istirahat!”. Tujuh setengah jam merupakan waktu yang harus Anda gunakan untuk tidur dan istirahat. Jika kurang tidur, Anda harus lebih meningkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati. Selain itu asupan makanan yang cukup dan tidak berlebihan bisa membantu Anda mengatasi kelelahan. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter   

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual