Review Spesifikasi dan Harga Mazda2 - Hatchback Stylish dan Berkelas

Panduan Pembeli

Review Spesifikasi dan Harga Mazda2 - Hatchback Stylish dan Berkelas

Review Spesifikasi dan Harga Mazda2 - Mazda2 masuk Indonesia sejak 2009 dan menantang keberadaan Honda Jazz, Toyota Yaris, dan Suzuki Swift. Mobil ini sendiri masuk ke segmen hatchback yang sebelumnya absen dari lini produk di Tanah Air. Pada masanya, peminat kendaraan jenis hatchback cukup ramai sehingga menjadi potensi yang menggiurkan bagi Agen Pemegang Merek (APM).

Langkah yang diambil Mazda Indonesia dengan menghadirkan Mazda2 cukup positif. Kendaraan ini mendapat respon cukup positif dari masyarakat. Oleh karena itu, generasinya terus diperbaharui dan pada 2015 masuk Mazda2 rakitan Thailand.

Mazda2 yang sejak zaman dahulu kala terkenal sebagai produsen mobil dengan performa terbaik, tetap mempertahankan hal tersebut. Namun belakangan para insinyur mereka menghadirkan sejumlah inovasi yang membuat kinerja mesin lebih baik dengan penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Tanpa panjang lebar, berikut ini bahasan lengkap seputar spesifikasi mesin, ulasan eksterior dan interior Mazda2.

Eksterior Mazda2

Mazda2 generasi terbaru dibekali dengan tampilan fisik yang sangat menarik. Rancang bangun dari sebuah kendaraan terlihat lebih berkarakter pada hatchback satu ini. Dibandingkan dengan edisi sebelumnya yang tampak membulat, kali ini Mazda menambahkan beberapa lekuk bodi yang tegas sehingga kian menajamkan kesan atletis.

Bentuk grille yang seperti tameng besar dipadukan dengan lampu menyipit dan penempatan lampu yang terasa pas estetikanya, memberikan kesan garang. Bahasa desain ini juga digunakan pada model-model Mazda lainnya. Mereka sendiri menyebutnya KODO dengan ciri khas grille besar menyerupai sebuah perisai dan berbalut aksen krom.

Banyak orang sepakat bahwa bahasa desain yang dibanggakan oleh Mazda ini berhasil membuat tampilan kendaraan semakin menarik. Beberapa orang mengaku melirik produk-produk Mazda karena bentuknya yang menantang.

Lampu-lampu pada eksterior Mazda2 juga menambah kesan mewah pada kendaraan. Adanya LED headlamp dan LED DRL (Daytime Running Light) di bawah lampu utama kian menunjukkan karakter dari hatchback tersebut di atas.

Beberapa tarikan garis yang menghiasi tubuh Mazda2 semakin menebalkan kesan atletis pada kendaraan. Meskipun dirancang sebagai mobil keluarga, namun Mazda2 generasi terbaru dianggap cukup memenuhi kebutuhan dari konsumen.

Sebagai hatchback, Mazda2 memiliki proporsi yang seimbang. Meskipun bodinya telah mengalami penambahan dimensi dari edisi sebelumnya. Panjang keseluruna mobil ini mencapai 4.060 mm. Sementara jarak sumbu rodanya 2.750 mm, tinggi 1.495 mm dan lebar 1.695 mm. dimensi ini cukup membuat pengendara dan penumpang merasa nyaman di dalam kabin.
Mazda2

Pada bagian buritan, Mazda2 terlihat tegas karakternya sebagai mobil Jepang dari bentuk lampunya. Dibandingkan edisi sebelumnya, Mazda2 terbaru tampak lebih segar dan berwibawa.

Interior Mazda2

Masuk ke dalam kabin, Mazda2 menyuguhkan interior yang kental dengan aura sporti. Bagaimana tidak, kabin hatchback ini bernuansa gelap. Desain dasbor hingga konsol tengahnya terlihat simpel namun menggambarkan kesan futuristik.

Kisi AC (Air Conditioner) berbentuk bulat seperti turbin pesawat dan bingkai panel meter terlihat seperti topi darth vader (tokoh dalam film Star Wars). Panel meter sendiri terdiri dari takometer berbentuk analog, sementara di dalamnya terdapat speedometer digital dan beberapa informasi lain seputar mesin.

Dibagian tengah dasbor berdiri tegak sebuah monitor 5.8 inci yang di dalamnya tertanam fitur MZD Connect. Untuk mengoperasikannya, posisi gear harus dalam keadaan parkir (P), atau bisa juga menggunakan tombol pengaturan di alat kemudi atau setir.

Di dalamnya tersemat fitur audio standar seperti Radio AM/FM, USB dan mengandalkan konektivitas melalui smartphone. Fitur yang tidak kalah penting adalah kendaraan bisa membacakan isi pesan di dalam gawai pengendara, sayangnya fitur ini belum bisa membacakan isi pesan di aplikasi whatsapp yang lebih populer digunakan.

Saat mesin dinyalakan, akan keluar dari belakang setir sebuah mika bening yang memantulkan berbagai informasi seperti kecepatan dan fitur-fitur keselamatan yang tertanam di dalam kendaraan. Fitur ini dinamakan ADD (Active Display Driving), atau pada mobil merek lain dikenal dengan sebutan Head Up Display.
Mazda2 Spesifikasi

Lalu di bawah monitor terdapat bingkai yang menaungi beberapa tombol serta kenop, untuk menjalankan berbagai fitur seperti pengatur suhu ruangan dan pendukungnya. Melirik lebih ke bawah lagi dapat terlihat alat pemutar CD (Compact Disc) dan USB.

Tuas transmisi berbentuk pendek dengan dibungkus bahan kulit dan dibagian luarnya terdapat list silver serta terdapat mode berkendara. Diantara dua jok depan terdapat kendali monitor yang lebih lengkap meliputi volume audio, memilih channel musik, tampilan user Interface (IU), navigasi serta tombol kembali ke tampilan awal.

Kemudian bentuk jok depannya menyerupai semi bucket yang dibalut dengan busa tebal. Langkah ini memberikan kenyamanan pada pengendara maupun penumpang depan selama perjalanan.

Untuk memberikan kesan racy pada kabin, disematkan benang jahitan berwarna merah. Hal ini juga terpampang pada beberapa bagian soft touch di kabin Mazda2 seperti trim pintu, konsol tengah hingga dasbor.

Mazda merupakan salah satu pabrikan yang sangat memperhatikan posisi berkendara atau mereka menyebutkan Jinba-ittai. Berdasarkan filosofi yang dikembangkan dari para pemanah berkuda tersebut, pengendara akan dapat menguasai mobil dengan baik jika posisi duduknya sempurna.

Selain memberikan ruang yang terbaik bagi pengendara Mazda2, pabrikan mobil asal Jepang ini juga menerapkan rancang bangun rangka kendaraan yang memudahkan pengendara, dalam melakukan manuver. Teknologi ini dinamakan GVC (G-Vectoring Control).

Fitur keselamatan di dalam kendaraan ini dirangkum dalam sebutan i-Activesense. Di mana di dalamnya terdapat BSM (Blind Spot Monitoring System) and Rear Cross Traffic Alert (RCTA), DSC (Dynamic Stability Control) with TCS (Traction Control System), Airbags, dan Back up monitor system.

Seluruh fitur tersebut dirancang untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pengendara maupun penumpang. Beberapa fitur terkini yang disematkan pada Mazda2 bahkan belum tersedia pada kompetitor sekelasnya.

Spesifikasi Mesin Mazda2

Produsen mobil dari negeri Sakura menyodorkan mesin Skyactive-G 4-silinder 1.5-L. Diklaim output yang mampu dihasilkan kendaraan ini mencapai 108 hp pada putaran 6.000 rpm, sementara torsi puncaknya mencapai 141 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Sistem Skyactive yang dikembangkan Mazda pada mobil-mobil buatannya mengarah pada efisiensi tingkat tinggi, namun tetap bisa menghasilkan tenaga yang setara dengan kompetitor bahkan lebih. Teknologi tersebut memaksa ruang mesin berkitir di angka kompresi 13:1 dan jalur exhast manifold model 4-2-1.

Jantung mekanis kendaraan yang terbaru ini dinyatakan telah menyuguhkan torsi yang cukup besar sejak rpm berada di rentang 1.250 rpm. Lalu jika pengendara ingin mendapatkan dorongan torsi yang lebih besar lagi, sebuah upaya kickdown pedal gas.

Mobil jenis hatchback ini tersedia dua pilihan mode berkendara yakni normal dan sport. Ketika pengendara membutuhkan sebuah akselerasi yang cekatan, mode sport akan seolah-olah mengajak untuk menginjak pedal gas lebih dalam.

Mazda2 terbaru menggunakan sasis Skyactive yang membuat pengendalian kendaraan lebih lincah. DItambah lagi dengan sistem power steering jenis elektrik yang memberikan feeling terbaik, walaupun harga perawatannya menjadi lebih tinggi.

Guna mendukung manuver, Mazda2 telah menggunakan velg berbahan alloy yang ringan dan diameternya 16 inci. Bannya menggunakan profil 60 dengan lebar tapak ban hanya 185.

Fitur Mazda2

Mesin yang kencang akan lebih terasa menyenangkan dengan bantuan pengereman yang mumpuni. Produsen asal negeri Matahari Terbit ini, membenamkan sistem SCBS (Smart City Brake Support) yang sama seperti produk mereka lainnya yakni CX-5 dan Mazda6.

Sistem tersebut mengandalkan sensor near-infrared (NIR) yang tertanam di kaca depan dan bekerja optimal pada kecepatan 4 – 30 km/jam. Sistem ini membantu proses pengereman saat pengemudi telat menginjak pedal rem.

Selama berkendara, pengemudi didukung oleh berbagai fitur keselamatan yang cukup lengkap. BSM membantu pengemudi saat hendak berpindah lajur dan melihat objek yang tidak terlihat di kaca spion samping.

Fitur RCTA berguna pada saat pengemudi hendak keluar dari parkiran model seri. Fitur RCTA dan BSM memberikan peringatan melalui sinyal kedipan pada kaca spion dan juga bunyi-bunyian.

Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS) mencegah mobil dari kondisi slip maupun tergelincir. Lalu ada Emergency Stop Signal System (ESS) dengan memberi sinyal rem ke mobil belakang bahwa sedang melakukan pengereman darurat.

Fitur keselamatan standar lainnya yang tidak bisa dianggap remeh seperti dua-airbags dan rem Antilock Brake System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Emergency Brake Assist (EBA).

Kekurangan Mazda2

Hatchback paling affodable dari Mazda ini masih menggunakan ban tipe Eco. Walhasil beberapa penggunanya mengeluhkan suara bising dari ban yang masuk ke dalam kabin, serta grip dari ban juga tidak terlalu bagus terutama untuk melakukan manuver.

Sebagai mobil berjenis hatchback, ruang baris kedua Mazda2 terbilang cukup sempit. Penumpang belakang juga tidak disediakan arm rest dan cup holder.

Harga Mazda2 Terbaru 2021

Mazda2 di Indonesia dipasarkan oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) dan tersedia dalam dua pilihan varian yakni R dan GT. Mazda2 2021 tipe R manual dipasarkan dengan harga Rp 289.901.000, otomatis Rp 289.900.000.
Harga Mazda2 2021

Sementara untuk Mazda2 GT dipasarkan dengan banderol Rp 308.800.000, adapun kelebihannya pada fitur Active Driving Display, BSM with RCTA, Paddle Shift sudah termasuk.

Harga Bekas Mazda2

Pada laman pencarian mobil bekas Mobil123.com, setidaknya tersedia lebih dari 350 unit Mazda2 bekas. Untuk calon konsumen yang menginginkan unit model pertama, bisa mendapatkan Mazda2 bekas harga termurah Rp 79 juta lansiran tahun 2010.
Harga Mazda2 Bekas 2010

Namun bagi calon konsumen yang menginginkan unit Mazda2 terbaru atau telah dibekali teknologi Skyactive, harga Mazda2 termurah hanya mencapai Rp 148 juta buatan 2014. Itupun sudah mendapat unit tipe R, transmisi otomatis dan kilometer rendah.

Jika konsumen menginginkan unit yang masih segar, dapat meminang Mazda2 lansiran 2020 varian GT dengan harga Rp 270 juta. Dengan selisih puluhan juta rupiah, konsumen sudah bisa memiliki hatchback yang telah dibekali banyak fitur-fitur canggih di dalamnya.

Lalu jika dirasa masih kurang sreg, konsumen bisa meminang Mazda2 lansiran 2019 tipe yang diniagakan seharga Rp 205 juta. Penjualnya juga menyatakan konsumen bisa memiliki kendaraan tersebut dengan cara dicicil atau kredit.
Harga Mazda2 Bekas 2019

Unit tersebut di atas ditawarkan oleh dealer 21 Autocars. Mereka menyatakan bahwa unit yang dijual baru menempuh jarak 10 ribu kilometer dan catatan servisnya lengkap.

Calon konsumen bisa memiliki unit ini dengan uang muka atau down payment Rp 50 juta dan cicilan 5.415.000 selama 47 bulan atau 4 tahun. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar