Resmi Meluncur, Harga All New Honda BR-V Masih Perkiraan karena Alasan Ini

Mobil Baru

Resmi Meluncur, Harga All New Honda BR-V Masih Perkiraan karena Alasan Ini

JAKARTA – All New Honda BR-V resmi meluncur di Indonesia dengan tampilan berubah total dan fitur jauh lebih canggih. Namun, harga yang diberikan saat ini masih perkiraan.

All New BR-V merupakan versi produksi dari N7X Concept yang diperkenalkan pada awal Mei 2021.

SUV purwarupa tersebut sebelum ini sudah banyak diduga sebagai BR-V generasi kedua, karena petunjuk bahwa dimensinya sama dengan model-model di segmen low SUV (SUV). Alasan lain ialah karena BR-V belum juga mendapat ubahan signifikan sejak resmi dijual pada 2015.

Honda N7X Concept

“Saya sangat senang mengabarkan bahwa mobil konsep ini sekarang menjadi mobil produksi massal,” kata Presiden Direktur PT. Honda Prospect Motor (HPM) Takehiro Watanabe dalam konferensi pers virtual, Selasa (21/9/2021).

BR-V generasi termurakhir, menurut Product Planning Manager HPM Ferdianto Budiono, terdiri dari lima tipe dengan opsi transmisi manual (MT) atau otomatis CVT.

Ada tipe S MT, E MT, E CVT, Prestige CVT, dan Prestige Honda Sensing CVT.

Business Innovation, Sales, and Marketing Director HPM Yusak Billy mengungkapkan, pemesanan resmi bisa dilakukan mulai hari ini. Akan tetapi, produksi baru berlangsung akhir 2021 dan pengiriman kepada konsumen dilakukan mulai awal 2022, sehingga tak mendapatkan diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 100 persen yang berakhir pada Desember tahun ini.

“Harganya kami perkirakan mulai dari Rp260 juta dengan asumsi kondisi pajak normal,” tandas Billy.

Spesifikasi All New Honda BR-V 2021

Eksterior dan Interior

Dari sektor eksterior, tidak terlihat perubahan signifikan ketika N7X Concept beralih menjadi All New Honda BR-V.

Secara tampilan, All New BR-V sendiri benar-benar berbeda ketimbang generasi pendahulunya.

Desain All New BR-V menjadi terkesan lebih besar dan maskulin. Garis-garis karakter terlihat kuat pada sisi samping bodi, dengan ban berukuran besar yakni 17 inci.

Lampu utama serta Day-time Running Light All New BR-V tampak menyatu dengan gril depan.

Pada sisi buritan, terdapat Rear Combi Lamp dilengkapi LED Light Bars yang dirancang menyatu dengan garis bodi.

“Konsep mobil ini adalah ‘Jetliner Cross’ yaitu kepuasan berkendara lebih dengan performa nyaman dan tampilan premium yang memadukan kekuatan serta gaya premium SUV dengan kelapangan sebuah MPV,” terang Product Planning and Development Senior Manager Honda R&D Asia Pacific Yoshihiko Eguchi.

Kabin All New BR-V diklaim lebih lapang dibandingkan generasi terdahulu, dengan balutan material kulit pada joknya. Bahkan, kapasitas bagasinya digadang-gadang sebagai yang terluas di segmennya.

Disediakan Power Outlet di tiga baris tempat duduk penumpang. Meter cluster didukung layar Thin-Film Transistor (TFT) Display sebagai Multi Information Display (MID).

Sistem hiburan berpusat pada layar sentuh 7 inci dengan Smartphone Connection plus Hands-Free Telephone.

All-New Honda BR-V 2021

Fitur-Fitur Canggih All New Honda BR-V, Ada Honda Sensing

All New BR-V dilengkapi fitur-fitur canggih. Malahan, di antaranya ada yang diklaim belum pernah ada di segmen low SUV.

Fitur-fitur baru nan canggih pada mobil ini adalah Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, Honda LaneWatch, Smart Entry System, serta Honda Sensing yang dahulu hanya ada pada model-model kelas menengah ke atas Honda.

Teknologi Honda Sensing meliputi Lead Car Notification Departure System, Collision Mitigation Brake System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Auto High Beam, dan Adaptive Cruise Control.

Mesin

All New BR-V menggunakan mesin yang benar-benar baru. Dapur pacunya kini bersenjatakan mesin bensin 1.5L DOHC i-VTEC berdaya 121 ps di 6.600 rpm, dengan torsi 145 Nm di 4.300.

Mesin tersebut sudah berstandar Euro 4. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar