Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Renault Triber Temani Xpander Jadi Mobil Operasional Garuda Indonesia

Panduan Pembeli

Renault Triber Temani Xpander Jadi Mobil Operasional Garuda Indonesia

JAKARTA - Renault Triber mendampingi Mitsubishi Xpander sebagai mobil antar-jemput para kru penerbangan Garuda Indonesia. Maskapai ini juga memesan mobil listrik Renault Twizy untuk kebutuhan berbeda.

Triber merupakan pemain baru di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) yang baru saja meluncur dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, 18 - 28 Juli di Serpong, Tangerang. Kisaran harga empat variannya ada di rentang Rp 125 - 155 juta off-the-road.

Meski usianya masih hitungan pekan, sudah ada pesanan dari korporasi yaitu Garuda Indonesia. Seremoni penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara PT. Maxindo Renault Indonesia (MRI) dengan maskapai penerbangan pelat merah itu berlangsung pada Rabu (1/8/2019) malam di Jakarta.

Sebelum ini, Garuda Indonesia sudah pula membeli Xpander. ada total 401 unit yang mereka akuisisi.

Davy J. Tuilan, Chief Operating Officer MRI, menjelaskan bahwa ada sekitar 200 unit Triber yang dibeli oleh Garuda Indonesia melalui anak perusahaan mereka PT. Aerotrans Service. Semuanya adalah tipe transmisi manual dan distribusinya Desember 2019, sama seperti pengiriman kepada konsumen retail.

“Ini makanya sekarang baru tanda tangan MoU dulu. Tapi, saat Garuda melihat Triber, mereka melihat mobil ini sesuai untuk angkutan pilot dan pramugari,” ucap dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com usai acara.

Pakai Mobil Listrik
Garuda juga membeli 8 unit Twizy versi 2 penumpang. Mobil nihil emisi gas buang tersebut akan dioperasikan di apron (pelataran) bandara.

“Distribusinya antara September atau Oktober,” ujar Davy.

Ari Askhara, Direktur Utama Garuda Indonesia, menjelaskan Twizy menjadi mobil listrik pertama yang mereka gunakan. Sebelumnya, perusahaan yang sempot menghebohkan publik dengan isu keganjilan laporan keuangannya itu telah menggunakan bus listrik bermerek Mobil Anak Bangsa (MAB).

“Kami juga mungkin akan menggunakan mobil-mobil listrik milik merek lain. BMW sudah menawarkan mobil listrik i3 kepada kami,” tandas Ari.

Pada saat yang sama, Garuda Indonesia pun mengumumkan kerja sama dengan Maxindo Nusantara Group untuk penggunaan Twizy, Mini, serta sepeda motor BMW dalam video petunjuk keselamatan (safety video) terbaru yang tayang di pesawat-pesawat mereka. Maxindo Nusantara Group mempunyai dealer untuk ketiga merek itu, bahkan juga menjadi distributor resmi Renault serta BMW Motorrad di Indonesia. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang