Ramai Wacana Subsidi Motor Listrik, Setuju?

Berita Otomotif

Ramai Wacana Subsidi Motor Listrik, Setuju?

JAKARTA – Belakangan ini, publik disajikan wacana subsidi sepeda motor listrik dari pemerintah mulai tahun depan.

Subsidi itu, menurut penelusuran Mobil123.com dan berbagai sumber pemberitaan arus utama, ditujukan bagi pembelian motor listrik baru atau konversi motor bensin ke motor listrik. Namun, konversi menjadi prioritas utama.

"Biaya untuk konversi (motor listrik) itu kan Rp15 juta, yang paling mahal itu Rp7,5 juta baterainya. Jadi, bisa enggak nih baterainya dipikirkan untuk 'digendong' biar separuh harganya," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif di kantornya pada akhir pekan lalu.

Rencananya, subsidi motor listrik diberikan mulai 2023. Targetnya adalah 1,2 juta unit hingga 2024.

Dalam kesempatan berbeda, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut besaran insentif yang direncanakan mencapai Rp6,5 juta per unit.

konversi motor bensin ke motor listrik

Konversi motor bensin ke motor listrik sendiri sudah diizinkan dan diatur pemerintah melalui Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 65 Tahun 2020.

Pemerintah juga mengeluarkan Permenhub Nomor 15 Tahun 2022 perihal konversi mobil berbahan bakar minyak, baik itu bensin atau pun diesel, menjadi mobil listrik.

Tapi, hingga kini, diketahui bahwa pemerintah baru merilis sertifikasi untuk bengkel konversi motor listrik. Adapun sertifikasi bengkel konversi mobil listrik belum diterbitkan.

konversi motor bensin ke motor listrik

Head of Electrical Energy Conversion Research Laboratory Institut Teknologi Bandung (ITB) Agus Purwadi menilai bahwa konversi motor listrik memang lebih mudah aplikasi dan pelaksanaannya ketimbang mobil listrik.

Ia pun menganggap langkah ini menjadi salah satu solusi percepatan penambahan populasi kendaraan listrik di jalan, seperti yang diinginkan pemerintah.

“Ujungnya memang konversi akan menjadi alternatif percepatan, khususnya untuk UIO (Unit In Operation). Sepeda motor yang paling cepat. Kalau roda empat memang masih butuh pemahaman lebih advance (mendalam),” ucap dia dalam ‘Seminar Nasional: Strategi Transisi Pengembangan Teknologi Elektrifikasi dan Manajemen Unit In Operation Menuju Net Zero Emission di Indonesia’ yang diadakan secara daring (online) dan luring (offline) di Bandung, Jawa Barat.

Pemerintah memiliki target besar membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Presiden Joko Widodo bahkan percaya negara-negara lain bisa bergantung pada Tanah Air di era mobil serta motor listrik. [Xan]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Download Aplikasi Mobil 123 di iOS atau Android untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar