Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ada Saran Subsidi Motor Listrik Lebih Fokus ke Konversi, Bukan untuk Beli Baru

Berita Otomotif

Ada Saran Subsidi Motor Listrik Lebih Fokus ke Konversi, Bukan untuk Beli Baru

JAKARTA – Akademisi menyarankan pemerintah lebih mendorong konversi sepeda motor bensin ke motor listrik lewat subsidi, daripada untuk membeli motor listrik baru.

Sekadar mengingatkan, pemerintah berencana memberikan subsidi bagi motor listrik mulai tahun depan. Insentif yang diwacanakan sebesar Rp6,5 juta ini ditujukan bagi pembelian unit baru atau konversi motor listrik.

Konversi motor listrik sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenub) Nomor 65 Tahun 2022. Sertifikasi untuk bengkel pun telah dikeluarkan.

Head of Electrical Energy Conversion Research Laboratory Institut Teknologi Bandung (ITB) Agus Purwadi menilai insentif dari pemerintah sebaiknya lebih dititikberatkan pada konversi motor listrik, dengan jumlah anggaran yang mencukupi. Ia meyakini dampaknya bakal lebih masif alih-alih mendukung pembelian motor listrik baru.

konversi motor bensin ke motor listrik

“Di satu sisi, kita ‘membuang’ lebih dari Rp500 triliun untuk kompensasi dan subsidi (energi plus BBM). Di sisi lain, kita punya oversupply listrik. Nah, kalau mau pindah, ya, paling tidak pemerintah harus serius mengalokasikan misalnya 10 persen saja anggaran yang dihabiskan untuk subsidi BBM ke arah elektrifikasi dan yang paling mungkin bisa berdampak massal adalah konversi,” papar dia pada Kamis (1/12/2022).

Agus membuat pernyataan itu ketika menjadi pembicara dalam ‘Seminar Nasional: Strategi Transisi Pengembangan Teknologi Elektrifikasi dan Manajemen Unit In Operation Menuju Net Zero Emission di Indonesia’. Diskusi hasil kolaborasi PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dengan ITB itu diadakan secara daring (online) serta luring (offline).

Menurut dia, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah pernah melakukan kajian mengenai biaya konversi motor listrik. Dalam kondisi low volume (rendah volume), konversi satu unit memerlukan ‘mahar’ minimal Rp15 juta.

“Harapannya, kalau mass volume (volume massif), bisa turun. Subsidi Rp6 juta sampai Rp6,5 juta untuk motor sudah cukup untuk memicu kendaraan-kendaraan lama untuk pindah sekaligus membantu target pemerintah,” lontar Agus.

konversi motor bensin ke motor listrik

Pemerintah, dalam dokumen Enhanced Nationally Determined Contribution (NDC), menargetkan pengurangan emisi karbon sebanyak 31,89 persen dengan usaha sendiri dan 43,20 persen dengan bantuan internasional pada 2030.

Pada 2060, Indonesia ditargetkan mencapai Net Zero Emission (bebas emisi) pada 2060.

Pada sektor transportasi, ambisi tersebut diupayakan dengan berbagai insentif fiskal maupun non-fiskal bagi mobil listrik atau pun motor listrik yang ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019. Tak heran, jumlah model kendaraan listrik dalam tiga tahun terakhir berkembang pesat. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang