Anggota Komisi VII DPR dari PKS Usulkan Subsidi Mobil Listrik Esemka

Berita Otomotif

Anggota Komisi VII DPR dari PKS Usulkan Subsidi Mobil Listrik Esemka

JAKARTA – Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Mulyanto mengusulkan pemerintah memberi subsidi pada Esemka agar bisa membuat mobil listrik.

Politikus dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu berseloroh di tengah wacana pemberian subsidi sepeda motor listrik mulai tahun depan. Ia mengatakan subsidi untuk mobil listrik Esemka lebih baik daripada rencananya tersebut.

“Daripada menyubsidi pembelian motor dan mobil listrik buatan luar negeri, lebih baik pemerintah menyubsidi pembelian mobil listrik Esemka. Itu barang bagus. Asli karya anak bangsa,” ucapnya menyinggung merek mobil asal Indonesia yang dipopulerkan Presiden Joko Widodo sejak masih menjadi Walikota Solo pada 2005-2012 tersebut pada Senin (5/12/2022) kemarin, seperti dikutip dari situs resmi DPR RI.

Sekadar informasi, pada 2019, Esemka meresmikan pabrik di Boyolali, Jawa Tengah yang dihadiri langsung oleh Jokowi. Pada kesempatan itu, mereka juga meluncurkan pikap Esemka Bima.

Pada Februari 2021, Esemka mengklaim pasti akan masuk ke pasar mobil listrik. Namun, sepak terjang Esemka selama ini timbul-tenggelam.

Wacana subsidi motor listrik sendiri digaungkan belum lama ini oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan plus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM Arifin Tasrif.

Menurut mereka, pemerintah sedang mendiskusikan subsidi bagi pembelian motor listrik baru maupun konversi motor bensin ke motor listrik.

Kebijakan tersebut ingin diinisiasi mulai 2023. Adapun besaran subsidi, menurut pembahasan sementara ini, sebesar Rp6,5 juta per unit.

Pemerintah, lanjut Mulyanto, tak boleh melupakan keberadaan Esemka. Soalnya, merek mobil tersebut diperkenalkan dan dipromosikan langsung oleh Jokowi—sapaan Joko Widodo—dan diklaim sudah dipesan 60 ribu unit meskipun belum jadi.

Esemka Bima

“Masyarakat akan berbondong-bondong memenuhi diler-diler penjualan mobil Esemka di mana pun berada. Dulu saja, tanpa ada subsidi, pesanannya sudah mencapai 60 ribu unit. Apalagi nanti kalau sudah diberi subsidi, saya perkirakan jumlah pesanannya bisa sampai tiga atau empat kali lipat,” lanjut Mulyanto.

Subsidi untuk mobil listrik Esemka, tukasnya, akan berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Penyerapan tenaga kerja di pabrik Esemka akan terdorong dan masyarakat lebih melirik merek itu.

“Ini akan menjadi momentum kebangkitan industri otomotif nasional. Dan sebagai anak bangsa, kita semua pasti akan dukung. Malaysia dan Vietnam saja bakal ‘mental’ melihat perkembangan ini," tandas Mulyanto. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Download Aplikasi Mobil 123 di iOS atau Android untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar