Wuling Confero Jadi Angkot di Depok, Dilengkapi AC dan CCTV

Berita Otomotif

Wuling Confero Jadi Angkot di Depok, Dilengkapi AC dan CCTV

JAKARTA – Puluhan Wuling Confero digunakan sebagai armada angkutan kota (angkot) terbaru di Depok, Jawa Barat. Angkot itu sendiri punya fitur-fitur yang mendukung kenyamanan serta keselamatan penumpang.

Dadang Wihana selaku Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, seperti dikutip dari situs resmi pemerintah kota tersebut, mengatakan ada 20 angkot baru dengan pendingin udara (AC) yang akan diujicoba. Unit-unit tersebut bakal disebar di sejumlah trayek.

Akun Instagram @infodepok_id pun ikut menyinggung keberadaan armada angkot AC di Depok. Di dalam foto, terlihat Confero warna perak dengan stiker lambang kota itu plus papan digital bertuliskan 'angkot' pada bagian atap.

“Angkot Depok dengan fasilitas AC tentunya lebih nyaman siap mengaspal di Kota Depok..” demikian menurut keterangan foto.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Assalamu'alaikum mohon izin admin saya mau posting angkot Depok dengan fasilitas AC tentunya lebih nyaman siap mengaspal di Kota Depok. Ayo warga Depok kita kembali naik angkot lagi. #infodepok #kotadepok #depok #jawabarat #angkot #angkutanumum

A post shared by Info Depok (@infodepok_id) on Uji coba digelar demi megecek kesiapan angkot ber-AC. Dishub Kota Depok ingin memastikan tidak ada masalah saat armada benar-benar beroperasi.

“Banyak item dan kesiapan yang perlu di cek ulang. Kenyamanan dan keamanan penumpang tetap yang utama. Mengaspalnya angkot AC ini juga perlu sosialisasi agar baik penumpang dan pengusaha angkutan bisa menyesuaikan dengan terobosan ini,” kata Dadang baru-baru ini.

Fitur atau fasilitas di dalamnya bukan hanya penyejuk udara. Ada juga CCTV agar kendaraan umum ini ramah anak dan perempuan.

“Fasilitas harus semakin baik, seperti CCTV dan kaca yang terang. Bahkan, bisa kita buat angkot khusus perempuan. Ini akan kami akan evaluasi saat uji coba nanti,” tukas Dadang.

Ia menegaskan armada angkot AC dari Confero tersebut bukan untuk menggerus angkot-angkot lawas.

“Tapi angkot lama harus diremajakan. Kemudian karena ide ini berasal dari Organda sebagai organisasi angkutan tentu kami akan mendukung. Terlebih sesuai dengan tujuan kami untuk menciptakan angkutan perkotaan yang nyaman bagi masyarakat,” jelasnya.

Mobil123.com mencoba meminta tanggapan agen pemegang merek Wuling di Indonesia. Akan tetapi, sampai berita ini ditayangkan, belum ada respons dari mereka.

Wuling Confero pertama kali meluncur di Indonesia pada 2017. Mobil di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) ini bersaing dengan model-model seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar