Harley-Davidson Bertenaga Listrik ini Digunakan Touring Jarak Jauh

Berita Otomotif

Harley-Davidson Bertenaga Listrik ini Digunakan Touring Jarak Jauh

Meksiko – Harley-Davidson LiveWire dipakai touring dari Meksiko sampai Canada.

Sekedar mengingatkan, LiveWire merupakan motor listrik pertama dari Harley-Davidson. Produsen motor asal Amerika Serikat ini dikatakan mampu menempuh jarak 177 kilometer untuk satu kali pengisian baterai. Sementara untuk berakselerasi 0 – 100 km/jam, kendaraan ini membutuhkan waktu kurang dari 3.5 detik.

Motor bertenaga listrik kerap diperlakukan sebagai alat komuter atau kendaraan sehari-hari. Motor jenis ini diragukan untuk bepergian jarak jauh, khususnya touring. Hal ini dikarenakan belum banyak pos pengisian daya listrik layaknya Pom Bensin.

Diego Cardenas merayakan ulang tahunnya yang ke 50 dengan melakukan perjalanan dari Meksiko ke Kanada. Ia menempuh jarak hampir 2.300 kilometer dengan menggunakan Harley-Davidson LiveWire. Jarak tempuh yang dicapai Cardenas tidak terlalu istimewa jika dilakukan dengan menggunakan sepeda motor mesin bakar pada umumnya.

Cardenas melakukan perjalanan dari Meksiko ke Kanada melalui pantai barat Amerika dan melintasi California, Oregon dan Washington. Catatan ini bisa dibilang mustahil dilakukan oleh motor listrik, terutama LiveWire yang dikatakan sebelumnya kemampuan maksimalnya hanya 177 kilometer.

Motor listrik sendiri jika masuk ke jalan tol tentunya akan membuat baterai lebih cepat habis. Sementara baterai sendiri membutuhkan waktu cukup lama untuk kembali diisi penuh, kecuali ada fasilitas pengisian DC fast charging.

Dikatakan oleh Terry Hersner yang merupakan penggemar motor listrik, Ia memodifikasi baterai Zero Motorcycles miliknya, untuk melakukan perjalanan dengan memanfaatkan jalan bebas hambatan. Ia juga memodifikasi baterai agar bisa melakukan pengisian daya dengan sangat cepat. Sentuhan lain juga dilakukan guna membuat baterai tidak cepat habis.

Cardenas tidak melakukan perjalanan tanpa mengisi ulang baterai LiveWire. Namun Ia memilih untuk mengisi ulang baterai di Charge Points and Electric America, karena gratis untuk para pemilik LiveWire. Ia menuntaskan perjalanannya selama lima hari. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar