Pria Ini Curi 2.000 Kunci Mobil, Jual via Online dan Dapat Rp 874 Juta

Berita Otomotif

Pria Ini Curi 2.000 Kunci Mobil, Jual via Online dan Dapat Rp 874 Juta

DETROIT – Jason Gibbs, seorang pria di Amerika Serikat diduga mencuri hampir 2.000 kunci mobil hanya dalam lima bulan. Ia menghasilkan uang haram sebanyak lebih dari Rp 800 juta dari penjualan secara online.

Gibbs, seperti diberitakan Carscoops belum lama ini, diduga melakukannya ketika bekerja di jasa logistik kereta api. Ada 1.914 kunci mobil curian dari rentang waktu 15 Desember 2017 hingga 16 Mei 2018 yang ia lego via situs eBay.

Harga per kunci berkisar antara 69 – 160 dollar AS (Rp 996 – 2,3 juta, 1 dollar AS = Rp 14.437), tergantung merek plus tipe kendaraannya. Alhasil, total uang yang ia raih mencapai 60.570 dollar AS (Rp 874 juta).

Lelaki berusia 41 tahun ini sudah dilaporkan dan sedang menjalani persidangan di pengadilan federal Detroit. Dakwaan untuknya adalah pencurian muatan logistik antarnegara bagian.

Terungkapnya tindakan criminal Gibbs dimulai pada akhir 2017. Berbagai mobil Ford, Fiat Chrysler, serta General Motors yang dikirim ke berbagai penjuru negeri melalui kereta dari New Boston, Michigan tiba di dealer-dealer dengan hanya satu kunci, tanpa serep.

Padahal, standar prosedur operasinya adalah adanya minimal dua kunci yang digabungkan dalam satu gantungan. Para otoritas terkait mulai menyelidiki isu ini bersama-sama setelah para pabrikan mengajukan complain kepada CSX Transportation yang bertanggungjawab terhadap distribusi.

Gibbs menjadi salah satu orang yang dicurigai. Tugasnya adalah mengemudikan unit-unit yang akan dikirimkan ke dealer menuju tempat parkir yang telah ditentukan, sebelum diangkut ke atas kereta.

Tim lalu menemukan adanya penjualan kunci-kunci mobil dari beragam merek yang menjadi ‘korban’ melalui eBay. Sebagai salah satu bagian dari investigasi, Global Brand Production Ford  lalu membeli tiga di antaranya dari akun bernama ‘i_live_12volts’. Ketiganya adalah kunci Ford F-150 yang hilang dan ditangani Gibbs.

Akun kemudian diketahui milik seseorang bernama Kerry Reyna, yang terhubung dengan Gibbs di media sosial Facebook. Setelah ditelusuri, uang penjualan kunci ditransfer ke akun PayPal bernama Scarpone21. Nama itu, ternyata, juga merupakan nama akun Instagram Gibbs. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar