Produsen Otomotif Kembangkan Smartphone Jadi Kunci Mobil

Berita Otomotif

Produsen Otomotif Kembangkan Smartphone Jadi Kunci Mobil

BEAVERTON – Beberapa produsen otomotif dan perusahaan teknologi saat ini sedang berusaha agar suatu saat ponsel pintar (smartphone) bisa difungsikan juga dengan aman sebagai kunci mobil digital.

Mereka, seperti dikutip dari Carscoops pada Jumat (22/6/2018), berkolaborasi dengan membentuk institusi bernama Car Connectivity Consortium (CCC) yang baru-baru ini merilis spesifikasi Digital Key 1.0 sebagai langkah awal. Digital Key 1.0 berisi standar metode untuk mentransfer kunci digital sebuah mobil ke dalam smartphone menggunakan infrastruktur Trusted Service Manager dan teknologi Near Field Communication (NFC).

Spesifikasi Digital Key 1.0 memungkinkan terciptanya ekosistem yang kuat bagi kunci digital di dalam smartphone lintas merek agar dapat digunakan pemilik kendaraan untuk membuka, mengunci, menghidupkan plus membagi akses ke mobil mereka. CCC percaya aspek keamanan dapat amat terjaga jika mereka mampu memperketat batasan area NFC serta menggunakan jalur langsung ke sistem pengamanan dari perangkat yang digunakan.

Sebagai informasi, CCC diikuti oleh lebih dari 70 perusahaan otomotif dan teknologi dunia. Para anggota CCC mewakili 70 persen industri otomotif global serta 60 persen industri smartphone dunia.

Di dalamnya pemain-pemain industri otomotif segala sektor seperti BMW, Mercedes-Benz, Volkswagen, Hyundai, Mazda, Suzuki, General Motors, Denso hingga Mahindra. Adapun daftar korporasi teknologi dihiasi nama-nama semisal Apple, LG, Samsung, Panasonic plus Qualcomm.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, CCC akan merilis spesifikasi Digital Key 2.0 pada 2019. Versi ini kelak berisi penyeragaman protokol autentifikasi antara kendaraan dengan smartphone. Digital Key 2.0 bakal pula memastikan bahwa nantinya smartphone merek berbeda-beda dapat difungsikan di mobil yang berlainan pula.

Berbagai pabrikan anggota CCC menyuarakan kepercayaan dan keinginan kuat mereka menggunakan kunci digital pada masa depan. Salah satunya adalah BMW.

“BMW melihat adanya nilai yang tinggi terhadap kunci digital terstandardisasi yang dikembangkan CCC,” kata Alexander Meier dari BMW. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support