Polisi Swiss Mulai Pakai Mobil Listrik, Ini Model yang Jadi Pilihan

Berita Otomotif

Polisi Swiss Mulai Pakai Mobil Listrik, Ini Model yang Jadi Pilihan

BERN - Polisi-polisi di Swiss mulai menggunakan mobil listrik sebagai armada dan Hyundai Kona menjadi pilihan mereka.

Hyundai, seperti dikabarkan Carscoops baru-baru ini, sudah mendistribusikan Kona versi listrik kepada Kepolisian Swiss. Jumlahnya sendiri masih terbilang sedikit yaitu 13 unit.

Kona sendiri terdiri dari opsi mesin konvensional, mesin hybrid, maupun sistem penggerak listrik murni. Dari ketiga pilihan di atas, Indonesia baru mendapatkan versi mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine/ICE) yang baru saja meluncur April kemarin dalam pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS).

Di Swiss, Kona listrik akan digunakan di area St. Gallen dan lima unit di antaranya yang ditujukan sebagai mobil patroli sudah dilengkapi oleh flashing light serta livery hitam-oranye. Sementara itu, delapan unit lain nantinya bakal dipakai untuk kebutuhan non-patroli dan tidak punya livery khas Kepolisian Swiss.

Hyundai mengatakan otoritas keamanan di St. Gallen memilih Kona listrik setelah melalui prosedur yang berlaku plus pengetesan yang ketat. Kepolisian diklaim terkesan dengan kemampuan crossover berkapasitas lima penumpang ini menggelontorkan tenaga 201 hp dengan jarak tempuh 449 km (WLTP Cycle) dalam kondisi baterai terisi penuh.

“Dengan penggunaan mobil listrik sebagai armada, kami memenuhi mandat dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat yang ingin mereduksi polusi suara dan emisi gas buang kendaraan. Saat saya melihat perkembangan teknologinya, saya rasa mobil listrik sudah pantas kami pakai. Jika dibandingkan mobil bermesin konvensional, harganya memang sedikit lebih mahal. Tapi, sebagai gantinya, biaya perawatan Kona listrik rendah. Artinya kami menerapkan ramah lingkungan sambil tetap memperhatikan pengeluaran anggaran,” papar Hanspeter Krusi, Head of Communication St. Gallen Cantonal Police.

Institusi-insitusi kepolisian di berbagai belahan dunia sudah mempertimbangkan pula penggunaan kendaraan listrik, berkat jarak tempuhnya yang makin jauh serta ongkos perawatan rendah. Kepolisian California, contohnya, telah menggunakan Tesla Model S dan bisa saja menambah jumlah armada maupun variasi modelnya pada masa mendatang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support