Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kia Stinger Mulai Diincar Pihak Kepolisian

Berita Otomotif

Kia Stinger Mulai Diincar Pihak Kepolisian

DARWIN - Kepolisian Australia kini makin banyak mengincar Kia Stinger sebagai kendaraan tugas. Posisinya menggeser keberadaan 'mobil nasional' mereka Holden.

Kepolisian Ausralia selama ini hampir selalu menaiki Holden Commodores dan Ford Falcon. Namun, dengan berakhirnya produksi lokal kedua model ini--juga seluruh merek mobil lain--mereka pun mencari penggantinya.

Salah satu suksesornya pun akhirnya diputuskan yaitu Kia Stinger. Mobil ini dikabarkan akan dipakai oleh Kepolisian Australia Utara (Northern Territory), menggantikan armada terdahulu yakni Commodores SS.

Sebelumnya, Kepolisian Australia Barat (Western Australia) dan negara bagian Queensland sudah terlebih dahulu menggunakan sedan sport bertampang sangar dan beperforma tinggi ini. Di ‘Negeri Kangguru’ kendaraan yang sayangnya tidak pernah terlihat di Indonesia ini dijual seharga 49.990 off-the-road (Rp 707,05 juta).

Petinggi Kepolisian Australia Utara, Matt Hollamby, menjelaskan bahwa Stinger dipakai setelah lulus uji coba di area pedalaman. Dalam pengetesan, mobil itu dapat beroperasi di kecepatan cukup tinggi dengan stabil ketika temperatur mencapai 45 derajat celcius.

Bicara spesifikasi, mobil keren dari Kia ini memang cukup mengesankan. Di balik kap depannya terdapat mesin twin-turbocharged 3.3-liter V6 yang menggelontorkan tenaga puncak 365 hp, dengan torsi tak kalah gila yaitu 510 Nm.

Figur angka sebesar itu disalurkan melalui girboks otomatis delapan percepatan. Akselerasi 0-100 km/jam digapai hanya dalam 5,1 detik, sementara kecepatan tertingginya adalah 269 km/jam.

Kepolisian Australia Utara sendiri sudah memamerkan armada baru mereka di Facebook. Stinger yang dipertunjukkan menggunakan nomor pelat yang dapat dibaca ‘WATCHNU’ (bahasa nonformal untuk ‘wathing you’ atau ‘Anda kami monitor’).

Komentar warga Australia beragam. Tentu saja, ada yang memperolok-olok dan mengejek nomor pelat itu.

“Mereka masih hanya mengamati kita, tidak pernah melayani dan melindungi,” tulis salah satu warganet.

Stinger menjadi satu dari beberapa model mobil patroli keren yang digunakan Kepolisian Australia. Di Victoria, misalnya, para polisi menggunakan BMW 530d yang pastinya lebih mahal dari sisi harga dan biaya perawatan.

Wilayah lain, New South Wales, menggunakan BMW 530d plus Chrysler 300 SRT. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang