Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pilihan Mobil SUV Hybrid Terbaik dan Termurah 2024, Ada yang Rp283 Juta Saja!

Panduan Pembeli

Pilihan Mobil SUV Hybrid Terbaik dan Termurah 2024, Ada yang Rp283 Juta Saja!

Sport utility vehicle (SUV) berteknologi hybrid di Indonesia makin banyak. Daftar mobil SUV terbaik dan termurah yang mengusung mesin hybrid berbanderol mulai dari Rp283 juta.

Dahulu, di pasar otomotif Indonesia, tidak ada yang bisa menandingi kepopuleran model-model multi purpose vehicle (MPV). Namun, saat ini kondisinya sudah berubah.

Pasalnya, tren SUV di pasar global juga menjalar ke Indonesia. Kini, kepopuleran SUV sekarang nyaris setara dengan MPV.

Toyota Yaris Cross hybrid

Seiring dengan berkembangnya tren elektrifikasi, model-model SUV di Indonesia pun kini tak hanya menyandang mesin konvensional (internal combustion engine/ICE). Opsi model SUV hybrid yang menawarkan rasa berkendara berbeda plus hemat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) terus bertambah sejak 2019.

Artikel kali ini akan membahas mengenai deretan mobil SUV terbaik dengan dapur pacu berteknologi hybrid, pilihan redaksi Mobil123.com. Namun, sebelum itu, bakal dijelaskan terlebih dahulu terkait definisi SUV dan pengertian mobil hybrid, berdasarakan penelusuran dari berbagai sumber.

Pengertian Mobil SUV

Suzuki Jimny 5 pintu

Kemunculan SUV diawali dengan kebutuhan pasar terhadap mobil untuk segala medan, khususnya medan offroad. Ini tecermin dari nama SUV yang bisa diartikan sebagai kendaraan utilitas sport.

Tak heran, dahulu sekali, SUV identik dengan bodi gambot, kokoh, dan tangguh; punya ground clearance tinggi; mesin ‘bandel’ berkapasitas besar; punya ruang bagasi luas; dan sistem penggerak empat roda (four wheel drive/4WD/AWD) atau minimal sistem penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD).

Beragam aspek teknis seperti tipe suspensi, departure angle, approach angle, brake over angle, jenis ban sangat diperhatikan agar kendaraan jenis ini tetap perkasa di medan non-aspal.

Beberapa contoh mobil SUV terbaik sepanjang masa yang legendaris serta masih bertahan hingga kini ialah Land Rover Defender, Mercedes-Benz G-Class, Jeep Wrangler, Toyota Land Cruiser, Suzuki Jimny.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi otomotif, SUV dengan konsep urban mulai bermunculan. Alhasil, bermunculan lah model-model yang lebih mengutamakan kenyamanan, dengan dimensi lebih kecil, desain lebih stylish, kapasitas mesin yang mengecil, sasis monokok, maupun berpenggerak roda depan (front wheel drive/FWD).

Kendati demikian, ciri khas ground clearance relatif tinggi hingga kini tidak bisa hilang dari SUV. Sebagian model yang masih memperhatikan kebutuhan pengemudian di medan offroad juga tetap dibekali opsi 4WD/AWD plus bermacam fitur bantuan pengemudian aktif.

Pengertian Mobil Hybrid

pengertian mobil hybrid

Nah, sekarang, mari membahas mengenai apa itu teknologi hybrid yang kini juga disematkan pada model-model SUV.

Mobil hybrid adalah salah satu varian teknologi elektrifikasi pada kendaraan. Teknologi tersebut memadukan mesin ICE dengan baterai plus motor penggerak listrik.

Keunggulan utama mobil hybrid adalah efisiensi BBM yang lebih baik daripada mobil konvensional. Semakin padat lalu lintas, semakin muncul potensi penghematan konsumsi BBM dari mobil hybrid.

Keuntungan lainnya dari mobil hybrid adalah pengalaman berkendara yang berbeda. Lalu, teknologi ini tidak tergantung dari infrastruktur pengecasan (stasiun pengisian kendaraan listrik umum/SPKLU) karena daya baterai diisi oleh mesin atau pun energi yang terbuang saat pengereman.

Lain halnya dengan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) atau pun mobil listrik murni yang sudah memerlukan kehadiran SPKLU.

Teknologi hybrid sendiri terdiri dari beberapa kategori. Ada mild hybrid yang memiliki kapasitas baterai relatif kecil dan kinerja sistem penggerak listrik yang sangat terbatas pada kondisi tertentu, kemudian full hybrid yang lebih hemat BBM.

Terdapat pula series hybrid (hybrid serial) dan paralel hybrid (hybrid paralel). Pada series hybrid, mesin ICE tidak terhubung ke sistem penggerak, sehingga sepenuhnya berfungsi sebagai generator atau penyuplai energi bagi baterai dan motor listrik.

Pada paralel hybrid, mesin masih terhubung dengan sistem penggerak. Jadi, mesin dan motor listrik bersama-sama atau berganti-gantian menggerakkan roda, sesuai dengan kebutuhan atau kondisi medan.

5 Mobil SUV Terbaik dan Termurah 2024 dengan Teknologi Hybrid di Indonesia

Nah, saatnya membahas sederet mobil SUV terbaik berteknologi hybrid di Indonesia, ketika artikel ini dibuat.

Redaksi memilihkan total lima model dari kategori mild hybrid, full hybrid, series hybrid, atau pun paralel hybrid. Tolok ukur utamanya adalah model-model dengan harga paling terjangkau per Maret 2024.

Berikut daftarnya:

Suzuki XL7 Hybrid (Rp283,9-304,9 Juta)

Suzuki XL7 hybrid

Model tersebut sementara ini merupakan opsi SUV hybrid termurah di Tanah Air. Tipe terendah dari SUV yang mengusung teknologi mild hybrid bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) tersebut hanya Rp283,9 juta on the road (OTR) Jakarta, sedangkan tipe termahalnya Rp304,9 juta OTR Jakarta.

Menurut hasil Media Test Drive di Yogyakarta beberapa waktu lalu dengan rute perkotaan dan perbukitan, konsumsi BBM XL7 hybrid bisa mencapai belasan km per liter. Malah, ada yang menyentuh kisaran 19 km per liter.

Sistem hybrid SUV yang meluncur di Indonesia pada Juni 2023 ini ‘bersenjatakan’ baterai lithium-ion 10 Ah 12 V yang dipadukan dengan Integrated Starter Generator (ISG) plus fitur Auto Start/Stop. Adapun mesin konvensionalnya berkode K15B 1.5-liter berdaya 103 hp dan torsi 138 Nm.

Daftar fiturnya antara lain Hill Hold Control, E-Mirror Touchscreen, Cruise Control.

Suzuki Grand Vitara Hybrid (Rp359,4-387,4 Juta)

Suzuki Grand Vitara hybrid

Urutan kedua mobil SUV terbaik dan termurah yang mengusung teknologi hybrid kembali diisi oleh ‘wakil’ dari Suzuki. Modelnya ialah Grand Vitara hybrid yang harganya hanya Rp359,4 juta sampai Rp387,4 juta OTR Jakarta.

SUV yang mengaspal pada Februari 2023 ini juga dimodali sistem SHVS. Kinerjanya bergantung pada baterai lithium-ion 10 Ah 12 V, ISG, plus Auto Start/Stop yang dikombinasikan dengan mesin K15C 1.5-liter Dual Jet berdaya 101,6 hp dan torsi 136,8 Nm.

Berbagai laporan menyebut bahwa konsumsi BBM Grand Vitara hybrid berpotensi mencapai 15-16 km per liter untuk dalam kota dan 18-22 km per liter untuk rute tol.

Grand Vitara hybrid dilengkapi fitur yang lebih mentereng dari XL7 hybrid. Contohnya ialah Paddle Shift, 6 Airbag, Electronic Stability Programme, 360 Degree Camera, Cruise Control, Head-Up Display, Wireless Charging, Head Unit 9 Inch with Smartphone Connectivity.

Toyota Yaris Cross Hybrid (Rp440,6-454,95)

Toyota Yaris Cross hybrid

Setelah duo dari Suzuki, bercokol Toyota Yaris Cross hybrid. Model yang menjalani debut di Indonesia pada Juli 2023 itu kini berbanderol Rp440,6 juta hingga Rp454,95 juta OTR Jakarta.

Konsumsi BBM Yaris Cross hybrid dilaporkan bisa sampai di atas 20 km per liter. Bahkan, dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Toyota berani mengklaim di depan Presiden Joko Widodo bahwa efisiensi BBM dari SUV satu ini berpotensi hingga 31 km per liter.

Yaris Cross hybrid menggendong mesin bensin 2NR-VEX 1.5-liter bertenaga 89,8 hp serta torsi 121 Nm. Toyota mengombinasikannya dengan baterai lithium-ion plus motor listrik berdaya 79,1 hp dan torsi 141 Nm.

Fitur-fitur Yaris Cross hybrid antara lain Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, 6 Airbags, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitor, Panoramic View Monitor.

Wuling Almaz RS Pro Hybrid (Rp442 Juta)

Wuling Almaz RS Pro hybridRanking keempat dalam daftar mobil SUV terbaik dan termurah bermesin hybrid ditempati oleh model dari merek China. Siapa lagi kalau bukan Wuling Almaz RS Pro hybrid yang harga OTR Jakartanya Rp442 juta.

Almaz RS Pro hybrid terbaru mengaspal pada Oktober 2023. Wuling membuat kejutan karena harga saat peluncuran yaitu Rp438 juta OTR Jakarta malah lebih murah ketimbang Almaz hybrid versi sebelum facelift.

Berdasarkan hasil pengetesan Wuling di China, konsumsi BBM Almaz RS Pro hybrid untuk rute kombinasi diklaim mampu mencapai 19 km per liter. Sementara itu, pengetesan menggunakan indikator Multi Information Display (MID) digadang-gadang dapat menyentuh 23,2 km per liter.

Dapur pacu Almaz RS Pro hybrid menggabungkan sistem penggerak listrik dengan mesin bensin 2.0-liter. Ada tiga mode berkendara elektrik yang dapat dipilih yakni EV Mode, Series Hybrid Mode, Parallel Hybrid Mode.

Daftar fitur Almaz RS Pro hybrid, misalnya saja, adalah Internet of Vehicle (IoV), Advanced Driver Assistance System (ADAS), Wuling Indonesia Command (WIND), 360 Degree Camera, Electric Parking Brake, Auto Vehicle Hold, Traction Control System, Hill Hold Control, Electronic Stability Control, Tire Pressure Monitoring System, Immobilizer, Front and Side Airbag.

Nissan Kicks e-Power (Rp519 Juta)

Nissan Kicks e-Power

Posisi paling buncit dalam lima besar mobil SUV terbaik dan termurah untuk teknologi hybrid ialah Kicks e-Power. Per Maret 2024, harganya mencapai Rp519 juta OTR Jakarta.

Laporan test drive dari salah satu media massa menyebut konsumsi BBM Nissan Kicks e-Power di dalam kota punya potensi untuk mencapai 21 km per liter. Sementara itu, untuk rute luar kota, efisiensi BBM-nya masih dapat mencapai 20 km per liter.

SUV yang mengaspal di Indonesia sejak September 2020 ini mengandalkan sistem series hybrid. Mesin bensin 1.2-liter milik Kicks e-Power hanya berfungsi sebagai penyuplai energi bagi baterainya yang sekarang berkapasitas 2,06 kWh.

Motor listriknya bertenaga 134 ps. Adapun torsinya 280 Nm.

Salah satu mobil SUV terbaik dan termurah bermesin hybrid ini menyandang fitur Nissan Safety Shield (Vehicle Dynamic Control, Pretensioner & Load Limiter Seat Belts, 6 SRS Airbag, ABS EBD & BA Brake System dan Intelligent Trace Control) serta Nissan Intelligent Mobility (Intelligent Cruise Control, Intelligent Forward Collision Warning, Intelligent Emergency Braking, Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert, Intelligent Trace Control, Hill Start Assist, dan Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection). [Xan/YS]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang