Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Peugeot 3008 Bisa Tenggak BBM Indonesia Meski Berstandar Euro 6

Berita Otomotif

Peugeot 3008 Bisa Tenggak BBM Indonesia Meski Berstandar Euro 6

JAKARTA – Peugeot 3008, yang baru saja meluncur di Indonesia, diimpor dari Prancis dan diklaim sudah berstandar emisi gas buang Euro 6.

Hal tersebut terbilang menarik karena industri otomotif Indonesia saat ini baru akan beranjak dari standar emisi Euro 2 ke Euro 4, yang rencananya mulai diterapkan pada September mendatang untuk mesin bensin. Meski standarnya berbeda jauh, PT Astra International Tbk – Peugeot Sales Operation (Peugeot Indonesia) mengklaim hal tersebut tidak akan terlalu bermasalah.

Ini karena Peugeot 3008 teranyar menggunakan mesin EP6FDTM Turbo 16 Valve, VVT, VVL berkapasitas 1598 cc. Mesin tersebut merupakan mesin global yang telah disesuaikan untuk negara-negara dengan kualitas bahan bakar minyak atau BBM kurang baik.

“Peugeot 3008 menggunakan mesin EP6FDTM. Mesin dengan huruf belakang M adalah kode untuk mesin global dan dapat diterima negara di luar eropa. Untuk ASEAN, khususnya negara yang mirip Indonesia yang belum terlalu ketat emisinya akan menggunakan mesin tersebut,” ungkap Operating Manager Peugeot Indonesia Andyka Susanto di sela-sela acara peluncuran, Rabu (28/3/2018) di Senayan, Jakarta.

Meski sudah dilengkapi mesin global yang bisa ditemukan di negara-negara dengan kualitas BBM rendah, bukan berarti pelanggan bisa sembarangan menggunakan BBM. Pasalnya, mesin tersebut tetap disarankan paling tidak menggunakan BBM berkualitas dengan Ron 95.

Dengan menggunakan bahan bakar berkualitas diharapkan mesin kendaraan bisa tetap awet dan tidak mengalami kerusakan. Tak hanya itu, perfoma mesin pun disebut-sebut bakal lebih maksimal sehingga pelanggan bisa merasakan pengalaman berkendara lebih baik.

Perlu diketahui, mesin EP6FDTM Turbo yang digunakan oleh Peugeot 3008 mampu menghasilkan tenaga sebesar 165 hp dan torsi mencapai 240 Nm. Mobil ini pun dijual dengan harga on-the-road Jakarta Rp 687 juta. [Adi/Xan]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang